Kata Psikolog, Para Gadis Suka Pakai Legging Ketat karena Hal Ini

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 29 Mar 2019 16:39 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram

Jakarta - Seringkali terlihat gadis usia sekolah memilih busana seksi ketika mereka tak harus memakai seragam. Seksi tak melulu gaun pendek, namun termasuk celana legging ketat ataupun crop top yang mengekspos lekuk tubuh.

Baru-baru ini, seorang ibu menjadi kontroversi ketika ia melayangkan surat terbuka untuk meminta para mahasiswi di kampus AS tidak lagi memakai legging ketat sebagai baju sekolah. Para mahasiswi menolak keras isi surat tersebut. Mereka bahkan memposting fotonya memakai legging di sosial media sebagai bentuk protes.

Seorang psikolog bernama Leonard Sax mengatakan para gadis muda yang suka mengenakan legging atau baju ketat lainnya, seringkali menganggap diri mereka sebagai objek.


"Si gadis menilai dirinya sebagai objek yang dipamerkan untuk orang lain. Dan semakin publik mengatur, semakin besar kemungkinan obyektivitas diri terjadi," ungkap Leonard dalam jurnal Psychology Today.

Obyektivitas diri ini sangat mengganggu menurut Leonard. Sulit untuk para siswa berkonsentrasi pada pelajaran jika mereka insecure tentang pakaian yang mungkin membuat bagian tubuhnya terlihat gemuk. Hal ini justru memicu seseorang menjadi depresi. Mereka cenderung tidak puas dengan tubuh mereka, sehingga bisa saja melukai diri sendiri.

Ketika seorang anak memakai baju longgar, sementara gadis lainnya memakai baju ketat dan bertanya, "Kenapa kamu mengenakan baju itu?" Rasanya tidak masuk akal mengharapkan anak menjawab sopan dan menolaknya. Mereka akan lebih mudah mengatakan, "Orangtuaku yang menyuruhku memakai baju jelek ini!" Ujung-ujungnya, anak akan mengikuti tren yang sedang berjalan di lingkungan pertemanannya.

Menurut Leonard, orangtua kadang perlu bertindak tegas untuk urusan busana. Bicarakan baik-baik jika memakai baju ketat dan membuat dirinya sebagai objek hanya akan berakibat buruk bagi dia kelak.

"Tolong jelaskan kepada putri-putri Anda, bahwa bukan ide yang baik untuk pergi ke sekolah dengan mengenakan pakaian terbuka, terlepas dari kebijakan distrik sekolah. Jangan ragu untuk memainkan peran sebagai orangtua yang ketat dan tegas, jika perlu," lanjut penulis buku 'Why Gender Matters'.
Kata Psikolog, Para Gadis Suka Pakai Legging Ketat karena Hal IniFoto: BBC Magazine

"Masalah paling penting di sini bukanlah apa anak perempuan yang mengenakan legging dan crop top mengganggu perhatian anak laki-laki. Pertanyaan yang lebih penting adalah, apakah anak perempuan membuat diri mereka sendiri terganggu. Dan bukti menunjukkan bahwa mereka begitu," pungkas Leonard.



Simak Juga 'Selain Jeans, Ini 5 Model Celana yang Wajib Dimiliki Wanita': (asf/asf)