Seperti Drama, Cerita Ibu Tunggal Sewa Aktor untuk Jadi Bapak Anaknya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 23 Nov 2018 17:05 WIB
Ilustrasi keluarga. Foto: iStock Ilustrasi keluarga. Foto: iStock

Jakarta - Membesarkan anak seorang diri memang tidak mudah. Ibu atau ayah tunggal juga sering kali mengkhawatirkan perasaan buah hati yang hanya punya satu orangtua. Karena itu, seorang ibu di Jepang membuat keputusan kontroversial. Agar anaknya tidak merasa berbeda dengan anak lain, ia sampai menyewa seorang aktor untuk menjadi ayah.

Anak tersebut diketahui bernama Megumi. Ayah dan ibu Megumi bercerai ketika ia maih kecil. Megumi pun mulai menanyakan keberadaan ayahnya pada sang ibu, Asako. Sebenarnya hal tersebut dikatakan tidak jadi masalah besar sampai Megumi berusia 10 tahun setelah ia menyadari absennya sang ayah. Megumi bahkan sampai tidak mau berbicara dan pergi sekolah.

Ketika itu, Asako pun mengetahui bahwa anaknya menjadi korban bullying di sekolah karena tidak punya ayah. Sebagai ibu, tentu Asako merasa sedih. Ketika itu, ia pun membuat keputusan untuk memberikan apa yang paling diinginkan anaknya meskipun harus berbohong sekalipun.



Asako lalu menyewa aktor dari agensi rental orang yang memang cukup populer di Jepang. Ia mengaudisi lima kandidat lalu terpilihnya Takashi yang menurutnya paling baik dan mudah diajak berbicara. Takashi sendiri sudah sering berperan sebagai pacar, teman, pebisnis, ayah, bahkan pengantin di pernikahan. Untuk peran barunya sebagai bapak Megumi, pria itu pun mempelajarinya dari film Hollywood.

"Permintaanku sangat simpel. Pertama, aku ingin dia berkata betapa menyesalnya dia karena tidak hadir dalam hidup Megumi hingga sekarang. Kedua, aku ingin dia mendengarkan apa yang Megumi ingin katakan padanya," kata Asako kepada BBC.

"Itu emosi yang sangat kompleks. Dia bertanya mengapa aku tidak menemuinya sebelumnya dan aku merasakan kekesalannya," ungkap Takashi mengenai pertemuan pertamanya dengan Megumi.

Biasanya Takashi akan menemui Megumi dua kali sebulan. Asako pun harus membayar 10,000 Yen (Rp 1,2 jutaan) setiap Takashi datang bahkan harus menghemat keperluan lainny. Tak sia-sia, Megumi benar-benar jadi anak yang lebih bahagia setelah punya ayah. Tak jarang Megumi juga minta untuk bertemu dengan Takashi tanpa ibunya.

Diakui Takashi pekerjaan ini pun cukup berat. "Menukar kepribadian dan identitas sangat penting untuk pekerjaan ini. Tapi aku juga manusia, tentu bohong jika aku bilang tidak ada konflik emosional berkata 'Aku cinta kamu' kepada anak itu. Tapi ini adalah bisnis, aku harus melakukannya dan aku harus mengingat itu," tambahnya.

Bukan hanya bagi Takashi, Asako pun merasakan sesuatu. Ia mengaku jadi jatuh cinta pada pria tersebut bahkan pernah mengungkapkan perasaannya. Tapi Takashi harus mengatakan pada Asako jika ia hanya bersikap demikian karena dibayar. Takashi sendiri kini telah berperan sebagai ayah Megumi selama 10 tahun dan belum ketahuan.

"Aku tahu beberapa orang berpikir ini bodoh untuk membayar uang untuk berbohong kepada anak perempuanku sendiri dan berpura-pura punya ayah, tapi aku putus asa. Semua orang bisa mengerti perasaan putus asa melihat anak terluka," tutur Asako.
(ami/eny)