Berani Lawan Pelecehan di Bus Mayasari Bakti, Aksi Wanita Ini Banjir Pujian

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 15 Nov 2018 15:09 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual. Foto: Thinkstock Ilustrasi pelecehan seksual. Foto: Thinkstock

Jakarta - Pelecehan seksual terhadap wanita bisa terjadi bukan hanya di tempat kerja, tapi juga di transportasi umum. Seperti dialami oleh wanita yang viral di media sosial, karena mengaku dilecehkan di bus. Aksinya yang berani melawan dan membuat efek jera pelaku pelecehan ini pun banjir pujian.

Baru-baru ini postingan yang menggambarkan kronologi cerita wanita yang dilecehkan di bus diunggah oleh akun Instagram @dearcatcallers.id. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan pembelajaran bagi netizen. Demi melindungi penyintas dalam unggahan tersebut, namanya juga disembunyikan.

"Jangan takut lawan pelecehan! Kejadian kemarin dialami oleh M, salut banget sama keberaniannya untuk negur! Ladies, hati-hati ya sama orang ini, terutama kalian pengguna bus Mayasari Bakti jurusan Poris Plawad. Lawan pelecehan!!," begitu keterangan di postingan akun publik @dearcatcallers.id


Berani Lawan Pelecehan di Bus Mayasari Bakti, Aksi Wanita Ini Banjir PujianFoto: Instagram @dearcatcallers.id


Pada unggahan Instastory wanita yang namanya tak disebutkan ini menceritakan jika dirinya mengalami pelecehan di Bus Mayasari Bakti jurusan Poris Plawad, Cipondok, Tangerang. Pria yang duduk di sebelahnya ini kemudian melakukan perbuatan yang tidak pantas.

Pria yang wajahnya berhasil di foto ini pura-pura tidur ketika perbuatannya diketahui. Namun, sang wanita tak tinggal diam bahkan memberi perlawanan pada pelaku pelecehan.

"Calling out lelaki ini yang daritadi berusaha pegang paha gw di bus dan langsung kabur pas gw teriakin dan gw foto mukanya. Anyone know this guy?," ungkapnya.

Wanita tersebut meminta dengan tegas agar pelaku menyingkirkan tangannya. Saat ditanya nama dan meminta ID Card, namun si pelaku malah pura-pura tidur. Ia kemudian mengancam dan meminta pelaku untuk pindah tempat duduk.


Berani Lawan Pelecehan di Bus Mayasari Bakti, Aksi Wanita Ini Banjir PujianFoto: Instagram @dearcatcallers.id


Aksi wanita yang berani melawan pelaku pelecehan ini pun membuat banyak netizen kagum. Tak sedikit dari mereka juga memberikan pujian padanya atas keberanian tersebut.

"Duh ini jadi inspirasi banget kalau kita harus berani melawan. Kadang gw juga cemen banget nggak berani," komentar netizen @mety_metz

"I want to have this woman energy πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–salut!," tambah @munirohs, netizen lainnya.
(agm/eny)