Inilah Asal-Usul Rekaman Yanny vs Laurel yang Viral

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 17 Mei 2018 12:45 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Rekaman suara Yanny vs Laurel mendadak viral dan jadi perdebatan netizen. Siapa yang pertamakali memviralkan rekaman ini?

Suara rekaman Yanny vs Laurel menjadi viral setelah diunggah ke Twitter oleh YouTuber populer Cloe Feldman. "What do you hear?! Yanny or Laurel," tulis akun @CloeCouture di Twitter pada 14 Mei 2018.

Setelah diunggah, tweet Cloe tersebut ramai dibanjiri komentar. Sampai saat ini sudah lebih dari 42 ribu pengguna Twitter menjawab pertanyaan Cloe itu. Dan tweet tersebut juga di-retweet lebih dari 73 ribu kali.

Mereka yang telah mendengar suara rekaman ini terbagi dalam dua tim yaituTimYanny danTimLaurel. Suara rekaman itu memangmembuatnetizen terbelah, ada yang merasa mendengarkataYanny ada juga yang mendengarkataLaurel terucap dari suara di rekaman tersebut.

Lantas mana yang benar Yanny atau Laurel? Asal-usul rekaman suara itu bisa menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Seperti dikutip NY Times, remaja bernama Roland Szabo diketahui sebagai orang yang pertamakali mengunggah rekaman suara ini ke Reddit. Anak SMA adal Lawrenceville itu sebenarnya sedang mengejarkan tugas sekolah mata pelajaran bahasa. Dia kemudian membuat rekaman Yanny vs Laurel itu dari situs vocabulary.com.

Baca Juga: Penjelasan Ilmiah di Balik Rekaman Suara Yanny atau Laurel yang Viral

Dia awalnya mencari tahu tentang kata Laurel di situs tersebut. Dia kemudian memutar audio kata Laurel dari situs itu. Rupanya audio kata Laurel ini didengar berbeda-beda oleh teman-temannya yang berada satu ruangan dengannya. Tak semua mendengar kata Laurel dari audio tersebut. Dan tentunya ada yang justru mendengar kata Yanny.

Rekaman suara Yanny vs Laurel yang viral.Rekaman suara Yanny vs Laurel yang viral. Foto: Dok. Quartz


Namun pengakuan Roland ini, menurut NY Times, diragukan. Penyebabnya ada juga seorang anak SMU yang mengklaim membuat rekaman Yanny vs Laurel yang kini viral.

Berdasarkan wawancara dengan Wired, anak SMU yang mengaku menjadi orang pertama yang memviralkan Yanny vs Laurel itu diketahui bernama Katie Hetzel. Anak baru di Flowery Branch High School, Georgia ini mengaku sedang belajar untuk kelas bahasa. Dan kata Laurel adalah salah satu kata yang harus dipelajarinya. Dia kemudian mencari kata itu di situs Vocabulary dan memutar audionya. Saat audio diputar yang didengarnya bukan kata Laurel, malah Yanny.

"Aku bertanya pada teman-temanku di kelas dan kami semua mendengar kata yang berbeda-beda," ujarnya.

Dia pun kemudian mengunggah audio itu ke Instagram Story. Tidak lama kemudian kakak kelasnya Fernando Castro mengunggah klip audio tersebut ke Instagram Story sebagai polling. Dari sanalah kemudian rekaman suara itu menjadi viral.



Coba dengar audio ini, Yanny atau Laurel?


(eny/eny)