Foto: Pria yang Tidak Pernah Gunting Kukunya Selama 35 Tahun

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 29 Mar 2017 12:21 WIB
Foto: Youtube
Vietnam - Menggunting kuku, baik jari tangan atau kaki, penting atas alasan kesehatan. Tapi tampaknya itu tidak berlaku bagi Luu Cong Huyen. Sudah hampir 3,5 dekade pria asal Yen Giao, Nam Dinh, Vietnam ini membiarkan kuku tangannya tumbuh tanpa dipotong.

Hobi, begitu alasan Luu tidak pernah memotong kukunya sejak 35 tahun lalu. "Ada yang suka memelihara burung, berkebun atau mengoleksi mobil antik. Kalau saya suka memanjangkan kuku," kata pria 58 tahun itu kepada Vietnamnet.

Foto: Pria yang Tidak Pernah Gunting Kukunya Selama 35 TahunFoto: Youtube


Hingga saat ini, panjang kukunya sudah mencapai 55 cm. Menurut Luu, memanjangkan kuku lebih sulit dari mengasuh anak. Butuh perlindungan ekstra untuk menjaga kukunya tetap utuh.

Sebisa mungkin kukunya harus dalam kondisi kering dan terhindar dari air agar kukunya tidak rapuh. Ia bahkan jarang mandi demi kukunya. Ketika hujan, Luu membungkus kukunya dengan plastik agar kukunya yang berharga itu tidak basah.

Foto: Pria yang Tidak Pernah Gunting Kukunya Selama 35 TahunFoto: Youtube


Ketika harus mandi, Luu meminta bantuan istrinya, Nguyen Thi Thuan. Sang istri terkadang juga menyuapi Luu agar kukunya tidak patah.

Pernah suatu kali kukunya patah dan ia benar-benar terpukul karena kejadian tersebut. Ia bahkan susah makan dan tidur selama berhari-hari. Bagi Luu, lebih baik ia mati ketimbang kehilangan kukunya. "Saya pernah hampir mati dalam sebuah kecelakaan hanya karena melindungi kuku," kata Luu.

Demi uang sekalipun, Luu tidak akan rela memotong kukunya. "Ada orang yang mau membayar jika saya memotong kuku. Tapi saya menolak. Saya tidak akan pernah menukar kuku saya dengan uang. Mau seberapa besar jumlahnya," kata dia.

Foto: Pria yang Tidak Pernah Gunting Kukunya Selama 35 TahunFoto: Youtube


Penduduk lokal sudah lumrah dengan hobi aneh Luu itu. Namun diakuinya, kuku tersebut tampak menyeramkan bagi anak-anak sampai membuat mereka menangis. Namun ia tidak mau memusingkan hal tersebut.

Dengan panjang kuku 55 cm, Luu memegang rekor orang dengan kuku jari tangan terpanjang di Vietnam. Jika ingin menjadi rekor dunia, Luu harus mengalahkan Shridar Chilla. Total panjang kuku lima jarinya mencapai 909,6 cm.

(dtg/dtg)