Cerita Zoe Saldana Hidup dengan Penyakit Hashimoto's thyroiditis

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 23 Jul 2016 12:30 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Di balik kecantikannya, aktris Zoe Saldana ternyata mengidap penyakit yang cukup membahayakan hidupnya.

Sudah lama ia didiagnosis Hashimoto's thyroiditis yang membuat sistem imunnya justru membahayakan jaringan tubuhnya. Penyakit tersebut lantas memaksa bintang 'Star Trek Beyond' ini menjalankan diet ketat.

Dalam wawancaranya dengan majalah The Edit, Zoe mencurahkan isi hatinya tentang perjuangan hidup bersama penyakit tersebut.

"Aku menjadi lebih mudah lemas karena penuh racun sehingga lebih rentan terkena infeksi. Tubuhku memproduksi antibodi yang menyerang kelenjar-kelenjar tubuh jadi aku harus mengonsumsi makanan yang bersih," kata ibu dua anak itu, seperti dikutip Female First.

Baca juga: 50 Inspirasi OOTD Hijabers Dunia https://wolipop.detik.com/thespotlight/ootdhijabers

Hashimoto's thyroiditis juga dapat menyebabkan hypothyroid, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon yang cukup untuk mengontrol metabolisme tubuh. Penyakit tersebut ternyata juga menyerang ibu dan nenek Zoe.

Aktris berdarah latin ini mengaku terkejut ketika mendangar dokter mendiagnosisnya. "Aku sangat menikmati momen-momen di usia 20an. Lalu datang dokter dan bilang aku kehilangan kalsium di tulangku. Dulu aku sering mendengar ibu dan nenekku membahas penyakit ini," katanya. (dng/ays)