Intimate Interview

Parodikan Foto Tyra Banks Hingga Syahrini, Allan Wangsa Pakai Barang Bekas

- wolipop Rabu, 16 Apr 2014 13:34 WIB
Foto: Dok. Wolipop, Dok. Instagram Allan Wangsa
Jakarta - Allan Wangsa kini tengah menjadi selebriti baru di situs jejaring sosial Instagram. Followersnya setiap hari terus bertambah karena hobinya membuat foto parodi selebriti. Allan yang kreatif hanya mengandalkan barang bekas dan seadanya dalam membuat foto parodi tersebut.

Sudah lebih dari 150 foto parodi artis dibuat Allan dan diunggah ke Instagramnya @allanwangsa. Selebriti yang pernah jadi 'korbannya' pun beragam mulai dari selebriti internasional seperti Tyra Banks, Katy Perry, dan Rihanna hingga selebriti Indonesia seperti Agnez Mo, Krisdayanti dan Syahrini.

Kepopulerannya membuat foto parodi artis itu membuat kesibukan Allan bertambah. Jika sebelumnya sehari-harinya dia bekerja sebagai program director di Radio Cosmo Bandung, kini setelah semakin terkenal ada tambahan pekerjaan baru. Dia sempat beberapa kali diundang Insert untuk menampilkan karya-karya parodi terbarunya.

Untuk acara di Insert tersebut, Allan biasanya sudah mempersiapkan diri sejak beberapa hari sebelumnya. Persiapan dilakukan dengan mencari inspirasi foto, kostum hingga lokasi. Hal yang disebutkan terakhir belakangan juga disiapkan Allan untuk memenuhi keinginan para followersnya.

"Permintaan outdoor sudah banyak. Ada yang komentar kok fotonya di belakang pintu terus. Ya itu karena memang aku foto di kantor," ujar Allan saat berbincang dengan Wolipop di sebuah kafe di kawasan Kemang, Jakarta Selatan belum lama ini.

Setelah segala sesuatunya siap, pemotretan pun dilakukan Allan. Dalam satu hari sesi foto, dia bisa membuat 6-7 foto parodi selebriti. Pemotretan tersebut biasanya dia lakukan selama kurang lebih 5-6 jam.

Setiap melakukan pemotretan Allan dibantu teman-temannya di radio Cosmo. Teman-temannya ini ada yang menjadi si juru foto, pengarah gaya hingga make-up artist.

"Yang awalnya iseng-iseng, sebenarnya ini butuh effort banget. Jadi kalau orang mengira aku hanya main-main, ini semuanya disiapkan dengan serius. Yang tidak serius hanya bajunya. Bajunya seadanya," katanya seraya tertawa.

Pria yang hobi melucu ini memang tidak pernah menyiapkan kostum khusus untuk membuat foto parodi artis. Kalaupun tidak punya busana yang sesuai untuk foto parodi, dia akan meminta bantuan teman-temannya. Mereka dengan sukarela meminjamkannya kepada Allan.

Apakah tidak pernah ada busana yang dibeli Allan? "Kalau nggak dapat banget (pinjaman teman), baru cari ke Gedebage," jawabnya. Gedebage yang dimaksud Allan adalah pasang barang bekas. Pasar tersebut kerap jadi tujuan anak muda dalam mencari baju-baju bekas yang masih layak pakai.

Membeli baju di Pasar Gedebage ini baru dilakukan Allan setelah permintaan membuat foto parodi semakin banyak. "Harus modal mau nggak mau kalau sekarang karena aku ingin memuaskan orang lain. Di kantor sekarang ada satu meja khusus untuk baju-baju aku," ujar pria yang pernah memenangkan acara reality show Big Brother Indonesia itu.

Meskipun harus modal, Allan mengatakan dia tidak sampai harus menguras kantongnya. Sampai saat ini modal yang dikeluarkannya untuk membuat ratusan foto parodi selebriti itu hanya sekitar Rp 300 ribuan saja.

Modal tidak banyak dikeluarkan Allan karena memang dia mendapat banyak bantuan dari teman-temannya. Misalnya untuk wig yang menjadi andalannya ketika membuat foto parodi artis. Wig-wig tersebut dipinjamkan oleh temannya yang bekerja sebagai make-up artist. Dia sebenarnya hanya memiliki satu wig.

Pada foto Instagramnya terlihat Allan mengenakan beraneka jenis wig mulai dari yang panjang hingga pendek. Warna wignya pun macam-macam. Seperti beberapa hari lalu dia memakai wig berwarna blonde saat memparodikan gaya Lady Gaga.

Selain wig dan busana, yang juga perlu dipersiapkan Allan untuk mendukung foto parodinya adalah properti. Untuk properti ini dia juga tidak pernah mempersiapkan secara khusus. Dia menggunakan peralatan yang bisa ditemukannya di kantor atau dipinjamnya dari teman. Misalnya saat membuat foto parodi Syahrini dengan tas mewahnya. Dia mengganti tas tersebut dengan panci karena memang alat memasak itulah yang bisa ditemukannya di kantor. Selain panci, perlengkapan rumah tangga lain yang pernah dijadikan Allan sebagai properti foto dan mengundang tawa atau senyum di antaranya, baskom, ember, botol minyak goreng, toples dan magic jar.

Kreatifitas memang kunci sukses Allan dalam membuat foto parodi artis. Kini setelah semakin populer, pria kelahiran 8 Desember 1988 itu berusaha mengatur agar foto-fotonya tidak berjalan tanpa arah. Allan akan membuat tema-tema seperti royal wedding, k-pop dan hijab. "Kalau tanpa arah nanti melebar," katanya.

Penasaran dengan foto parodi selebriti buatan Allan? Simak artikel Wolipop selanjutnya yang akan menampilkan beberapa karya-karya pria berkepala plontos ini.





(eny/eny)