ADVERTISEMENT

Video 20Detik

Momen Senator Australia Sebut Ratu Elizabeth II Penjajah saat Sumpah Jabatan

detikTV, Tim 20Detik - wolipop Jumat, 05 Agu 2022 12:39 WIB
Jakarta -

Kejadian mengejutkan terjadi saat sumpah jabatan senator Australia pada Senin (1/8) lalu. Seorang anggota parlemen bernama Lidia Thorpe menyebut Ratu Elizabeth II dari Inggris sebagai penjajah.

"Saya, Lidia Thorpe yang berdaulat, dengan sungguh-sungguh dan dengan tulus menegaskan dan menyatakan bahwa saya akan setia dan setia kepada Yang Mulia Ratu Elizabeth II yang menjajah," ucap Lidia sambil mengangkat tangan kanannya.

Ucapan Lidia itu langsung mendapat teguran dari Presiden Senat Sue Lines. Lidia diminta membaca sumpah sesuai dengan tulisan yang tercepat pada kartu.

"Senator Thorpe, Anda diminta membaca sumpah seperti yang tercetak di kartu. Jadi, tolong baca sumpahnya," tegur Sue Lines. "Senator Thorpe, ini perintah."

Lidia yang tadinya enggan untuk mengulang sumpahnya pun akhirnya mengikuti perintah dari Presiden Senat.

"Saya, Lidia Thorpe yang berdaulat, dengan sungguh-sungguh dan tulus menegaskan dan menyatakan bahwa saya akan setia dan patuh kepada Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Ahli waris dan penerusnya menurut undang-undang," ucap Lidia.

Momen saat Senator Australia Lidia Thorpe menyebut Ratu Elizabeth II penjajah juga bisa ditonton di link berikut: klik di sini.

(/)