Review: Menjajal Spa di Tengah Hutan Ubud, Opsi Aman saat Pandemi?

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 10 Des 2020 17:09 WIB
Spa Alila Ubud Bale bengong untuk sesi spa 'tengah hutan' Rainforest Retreat di Alila Ubud (Foto: Dok. Alila Ubud)
Ubud -

Rindangnya pepohonan Ubud, Bali, menemani sebuah sesi spa di awal November lalu. Ini menjadi sesi spa pertama yang kami jajal sejak pandemi. Amankah?

Mungkin di antara Anda sudah begitu rindu untuk memanjakan diri di spa setelah sekian lama absen. Di masa awal pandemi, spa termasuk salah satu tempat yang dilarang pemerintah untuk beroperasi. Namun, seiring berjalannya waktu, spa sudah diizinkan buka kembali di beberapa daerah, termasuk Bali. Asalkan, selama para penyedia jasa layanan spa mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu hotel di Bali yang membuka lagi layanan spanya di tengah pandemi adalah Alila Ubud. Hotel terbaik ke-15 di Asia pada 2018 menurut majalah Conde Nast Traveler UK ini menawarkan Rainforest Retreat.

Seperti namanya, spa treatment yang telah eksis sejak 2016 ini dilakukan di semacam bale bengong yang terbuka di tengah suasana belantara hutan Ubud.

Berada di ruang terbuka bagaikan sebuah kemewahan di tengah pandemi COVID-19. Tempat seperti ini menjadi surga tersendiri bagi mereka yang ingin keluar sejenak dari kepenatan setelah sekian lama 'terkurung' di dalam rumah tanpa rasa was-was tertular virus Corona.

Ruang terbuka dianggap lebih aman karena sirkulasi udara terjaga sehingga mengurangi risiko penularan virus berbahaya seperti Corona. Maka ketika beraktivitas di luar rumah saat pandemi, melakukannya di ruang terbuka adalah opsi terbaik.

Spa Alila Ubud(Foto: Dok. Alila Ubud)

Kendati demikian, Alila Ubud tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku. Mulai dari memperlengkapi karyawannya dengan alat pelindung seperti masker dan sarung tangan, menyediakan hand sanitizer, dan melakukan pembersihan intens secara berkala serta tes rapid bagi para staf.

Ketika kami berkunjung untuk menjajal spa di sana, Alila juga menyediakan masker bagi tamunya. Sayangnya, bale bengong yang biasa digunakan untuk Rainforest Retreat sedang dalam tahap maintenance. Untuk sementara, sesi spa untuk dua orang atau pasangan tersebut berpindah di dalam area Alila Spa yang tetap menawarkan sensasi treatment di alam terbuka. "Mungkin akhir November ini, bale bengong sudah bisa dipakai," kata M Gabriela Mariska, selaku cluster assistant marketing manager Alila Ubud.

Sebuah gazebo besar dengan atap alang-alang kering yang menaungi dua kasur terapi menjadi 'rumah' kami selama hampir 90 menit. Di situ juga terdapat bathtub outdoor yang terasa romantis dengan taburan kelopak bunga.

Pengalaman spa kami dimulai dengan memilih satu dari tiga therapy oil racikan khas Alila yang terbuat dari bahan-bahan organik hasil budidaya sendiri. Ada Signature Blend dari ramuan serai, lavender dan bunga alang-alang yang menawarkan kesegaran, lalu Relaxing Blend yang terbuat dari campuran bunga geranium dan chamomile untuk rileksasi. Terakhir, Purifying Blend dengan ramuan juniperberry dan cedarleaf yang memberi efek 'menjernihkan' pikiran. Pilihan kami lantas jatuh pada Signature Blend.

Spa Alila UbudMemilih aroma sembari menikmati teh hangat yang disajikan sebelum sesi spa Rainforest Retreat di Alila Ubud. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Setelah merasakan sesi foot bath & scrub selama sekitar 10 menit, barulah kami dimanjakan dengan sesi pijat yang sebenarnya selama hampir 90 menit. Saat memberikan pijatan, terapis tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker pelindung.

Ditemani desiran angin dan kicauan burung di pepohonan, sesi pijat ini terasa berbeda dari biasanya. Suasana alam yang hadir setidaknya bisa menjamin bahwa sesi spa hari itu aman dari ancaman virus Corona.

Spa Alila UbudSementara bale bangong masih dalam perawatan, sesi spa kami dilakukan di area yang juga berkonsep terbuka sehingga suasana hutan Ubud masih tetap terasa. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Di akhir sesi spa, tubuh terasa lebih rileks dan ringan. Tea time di pinggir kolam renang dengan panorama hutan Ubud yang eksotis merangkum pengalaman spa kami di Alila Ubud.

"Tamu spa dapat merasakan Alila Ubud selama seharian meski tak menginap di sini. Setelah spa, tamu boleh menikmati kolam renang sepuasnya. Ini yang membedakan Alila Spa Ubud dengan lainnya," kata Mariska.

Harga paket spa Rainforest Retreat di Alila Ubud: US$ 248++ atau sekitar Rp 3,5 juta per pasangan.

(dtg/dtg)