ADVERTISEMENT

Mengenal Choqi Isyraqi, Career Coach yang Bantu Klien Tentukan 'Jalan Hidup'

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 27 Des 2022 19:30 WIB
Choqi Isyraqi Foto: Dok. Choqi Isyraqi
Jakarta -

Memilih jalan karier dianggap sebagai salah satu kunci dari kesuksesan. Semakin cepat kamu menemukan pekerjaan yang tepat, semakin mulus jalan kamu paling tidak untuk cepat berkembang. Saat butuh saran atau opini lain dalam memilih bidang karier, kini berbagai bantuan bisa dengan mudah diakses di media sosial. Salah satu yang sering membagikan nasehatnya adalah Choqi Isyraqi.

Choqi Isyraqi adalah seorang life & career coach yang sering membagikan konten di Instagram @choqi_isyraqi. Selain itu, ia juga mendirikan Sekolah Pengembangan Diri 'Prouductive School' yang fokus pada membantu orang menjalani hidup sesuai potensi masing-masing.

Choqi sendiri tertarik dengan bidang pengembangan diri sejak 2015 selagi banyak orang sering mendatanginya untuk meminta saran. Pada 2019, mentor yang menjadi narasumber dalam Kulwap Wolipop 'Resolusi Tahun Baru Mengenal Diri, Memaksimalkan Potensi' itu mulai mengikuti berbagai program sertifikasi, termasuk Praktisi Talents Mapping, Certified Professional Coach, dan yang terbaru Professional Life & Career Coach.

[Gambas:Instagram]



"Saya suka ketika saya bisa membantu orang menemukan jalan hidup yang sesuai dengan potensinya, bisa bantu orang lain mengenali "jalan hidup" yang membuat dia bermakna," katanya dalam wawancara dengan Wolipop.

Sebagai life coach, pria tersebut mengaku banyak memberikan sarannya terhadap masalah hidup yang berkaitan dengan produktivitas, biasanya terkait karier atau kehidupan rumah tangga. Kliennya pun kebanyakan datang dari kalangan anak muda, fresh graduates, pemula kerja, hingga mereka yang merasa tidak cocok dengan kariernya tapi bingung mau kemana.

[Gambas:Instagram]



"Seringkali anak-anak muda tidak tahu karier apa yang tepat untuk dirinya. Salah satunya karena memang di Pendidikan kita, masih kurang sekali kesempatan anak-anak untuk mengenali potensi dirinya. Maka, setiap tahun, kita akan melihat banyak lulusan sekolah yang sebetulnya," ujar pria yang akrab dipanggil Kang Choqi itu.

Selain rajin unggah konten terkait karier, Choqi juga membuka kelas dan konsultasi. Di sana, ia biasanya membantu klien untuk mencari solusi, mulai dari mengenai sumber masalahnya. "Dalam kelas, kita coba membangun mindset para peserta untuk bisa berani dalam menghadapi masalah. Lalu, dalam konsultasi, biasanya kami akan meminta client untuk bisa mengenali sumber masalahnya apa, menguraikan benang kusut dalam hidupnya, lalu mencoba mencari alternatif solusi yang mungkin bisa dilakukan, sesuai dengan kondisi dirinya, dan dilakukan secara bertahap,"

Sebagai saran kepada para fresh graduate atau mereka yang ingin membangun karier, Choqi menekankan pentingnya memahami potensi diri. Para profesional juga disarankan untuk menemukan tujuan mereka untuk menentukan langkah-langkah mereka di masa depan. "Jika langkahnya sudah tepat, maka Langkah berikutnya adalah mengembangkan kapasitas diri. Hal itu jadi poin penting untuk bisa terus berkembang dalam karier yang dipilih, dan agar bisa menjadi expert di bidangnya," kata Choqi.

(ami/ami)