ADVERTISEMENT

Pakai Rumus 6D, Cara Membuat Resolusi Tahun Baru Kamu Benar-benar Mewujudkan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Des 2022 21:00 WIB
Multicultural Business Meeting Foto: Getty Images/iStockphoto/Rifka Hayati
Jakarta -

Menjelang akhir tahun, pasti kamu terpikir untuk membuat resolusi atau impian yang ingin dikejar. Tapi tak jarang, daftar rencana itu hanya berakhir menjadi angan-angan. Entah karena lupa, berubah pikiran atau menemukan rintangan, resolusi tidak terwujud karena berbagai alasan yang sebenarnya bisa diminimalisir jika sejak awal dirancang dengan detail. Kamu pun bisa mencoba rumus 6D dari coach Choqi Isyragi untuk mewujudkan resolusi 2023:

Dalam sesi Kulwap yang diadakan Wolipop baru-baru ini, Life & Career Coach Choqi Isyraqi membagi tips membuat resolusi tahun baru dengan mengenal diri sendiri. Menurutnya, banyak orang tidak berhasil mencapai target tahun baru karena salah membuat rancangan. Choqi mengatakan jika resolusi seharusnya diawali dengan mengenali diri sendiri agar nantinya bisa benar-benar memaksimalkan potensi.

"Memasuki akhir tahun kita pasti ingin bikin rencana terkait karier, fisik, atau kesehatan. Tapi terkadang baru memasuki bulan 2-3 sudah tidak dilakukan. Sebenarnya itu karena langkahnya yang kurang tepat. Karena itu, bisa dilakukan 6D," ungkapnya.

Discover
Banyak orang tidak berhasil mewujudkan impian mereka bukan karena malas atau tidak mampu tapi kurang mengenali diri sendiri. Menurut Choqi, memahami kelebihan, kekurangan, dan kondisi diri adalah hal penting dalam menyusun resolusi. Karena itu, ia menekankan pentingnya 'discover yourself' agar bisa merancang tujuan-tujuan yang tepat dan realistis.

"Kenali potensi diri kita dengan mengetahui segala kekurangan kelebihan kita karena kalau kita mau punya rencana harus tahu kita berada di titik mana sekarang atau kondisi kita seperti apa," kata pria yang akrab disapa Kang Choqi ini.

Define
Setelah menganalisa diri sendiri baru kamu bisa mendefinisikan atau menentukan tujuan atau target tahun depan. Pikirkan resolusi seperti apa yang ingin diwujudkan di 2023 dari berbagai aspek, seperti karier, pernikahan, kesehatan, dan lainnya.

Design
Setelah itu coba rancang lagi target kamu secara lebih detail beserta langkah-langkah untuk mencapainya. Misalnya kamu bercita-cita untuk liburan tahun depan, coba pikirkan ke mana kamu akan pergi yang sesuai dengan selera atau budget.

Detail
Satu hal yang penting dilakukan agar resolusi tahun baru 2023 bisa terwujud dengan maksimal adalah dengan merancangnya secara detail. Jangan hanya menulis ingin liburan ke pantai tapi cari juga cara-cara untuk meraihnya. Misalnya bagaimana kamu akan mendapatkan uangnya untuk ke pantai hingga transportasi yang akan digunakan untuk mencapai ke sana.

Do and Dynamic
Cara mewujudkan resolusi tahun baru yang terakhir adalah dengan 'do and dynamic'. Artinya ketika melakukan target-target, kita harus juga punya rencana lain sebagai back up jika rencana tidak sesuai harapan. Dengan begitu, tujuan kamu bisa tetap terwujud meski keadaannya tidak selalu sejalan dengan rencana awal.

(ami/ami)