ADVERTISEMENT

Sosok Istri PM Inggris Baru Rishi Sunak, Putri Pewaris 'Bill Gates India'

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 25 Okt 2022 09:39 WIB
Akshata Murthy istri Rishi Sunak Foto: Getty Images
Jakarta -

Inggris baru saja memiliki perdana menteri baru. Adalah Rishi Sunak, seorang mantan Menteri Keuangan yang menggantikan Liz Truss karena mundur dari jabatannya setelah 45 hari. Latar belakangnya pria keturunan India itu pun ikut jadi perbincangan. Selain pengusaha dan politisi, Rishi Sunak dikenal memiliki istri yang merupakan anak dari taipan India bernama Akshata Murthy.

Latar Belakang Istri PM Inggris

Sosok Akshata Murthy ikut mencuri perhatian setelah suaminya terpilih jadi PM Inggris. Ia merupakan anak dari salah satu orang terkaya yang dijuluki Bill Gates-nya India, Narayana Murty. Wanita 42 tahun tersebut merupakan pewaris yang dibesarkan dengan sederhana. Meski keluaga Akshata kini kaya raya, dulu ayahnya kesulitan mencari uang bahkan tidak bisa membeli telepon.

Akshata Murthy istri Rishi SunakAkshata Murthy istri Rishi Sunak Foto: Getty Images

Dilansir BBC, Akshata dirawat oleh neneknya sejak bayi sebelum sang ayah menemukan Infosys, perusahaan IT yang membuatnya menjadi salah satu orang terkaya India. Ketika kecil, Narayana dan istri sangat fokus pada pendidikan Akshata dan adiknya hingga tidak memiliki televisi di rumah. Ketika dewasa, Akshata kuliah di jurusan Ekonomi dan Bahasa Perancis di Claremont McKenna College di AS. Ia juga mendapat diploma di jurusan fashion dan gelar S2 dari Universitas Stanford.

Kisah Cinta Akshata Murthy dan Rishi Sunak

Akshata bertemu dengan Rishi Sunak di bangku kuliah. Setelah empat tahun berpacaran keduanya menikah pada 2009 dalam perayaan yang cukup meriah di India. Kini keduanya memiliki dua putri. Sebelum menjadi pemimpin Inggris, Rishi dan istrinya disebut sebagai 'power couple' dan pernah masuk daftar Sunday Times Rich List di urutan 222.

Akshata Murthy istri Rishi SunakAkshata Murthy istri Rishi Sunak Foto: Getty Images

Bisnis Akshata Murty

Istri PM Inggris telah lama terjun di dunia usaha. Ketika bertemu Rishi Sunak, ia merupakan seorang desainer fashion. Ia pertama kali meluncurkan labelnya sendiri, Akshata Designs, pada 2011. Sayangnya usaha itu tidak berjalan sukses. Tapi Akshata mencoba peruntungan lain di bidang start up. Ia pun merupakan kini direktur dari New & Lignwood yang menjual busana pria high end.

Di perusahaan ayahnya sendiri, Akshata Murty memiliki 0,9% saham yang bernilai Rp 12 miliaran. Hal itu sempat menjadi kontroversi karena invasi Rusia ke Ukraina dan perusahaan tersebut diminta untuk tidak beroperasi di Moscow. Sebelumnya kekayaan wanita tersebut jadi perbincangan karena statusnya yang tidak membayar pajak. Tapi tak setelah itu ia bersedia membayar pajak Inggris dari penghasilannya di luar negeri.

(ami/ami)