ADVERTISEMENT

Daftar Miliuner Paling Disuka dan Dibenci, Bill Gates Paling Favorit

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 22 Okt 2022 08:00 WIB
Bill Gates Foto: AFP via Getty Images/MANDEL NGAN
Jakarta -

Sebuah survey yang dilakukan oleh Businessfinancing mengungkap pendapat publik mengenai para miliuner terkenal. Meski mungkin tidak pernah bekerja atau mengenal secara personal, netizen mengamati gerak-gerak mereka dari media. Hasil studi pun mengungkap bahwa orang-orang memiliki sentimen dan perasaan 'campur aduk' pada sosok miliarder tertentu. Jadi, siapa yang paling dibenci dan disuka?

Berdasarkan metodologi yang melibatkan cuitan di Twitter dan 'detektor sentimen', terungkap para miliuner mana saja yang memiliki imej positif. Menariknya, jika di tahun-tahun lampau di mana kata 'miliuner' sering diasosiasikan dengan 'penjahat', kini orang-orang kaya, seperti Bill Gates dan Elon Musk cukup banyak disukai bahkan dijadikan inspirasi.

Daftar Miliuner Paling Disuka dan DibenciDaftar Miliuner Paling Disuka dan Dibenci Foto: Dok. Businessfinancing

Bagi sebagian orang, para pengusaha kaya dianggap sebagai panutan karena membawa aspirasi kita untuk merasakan keamanan dan kesuksesan. Apalagi tak sedikit dari mereka yang memiliki karisma dan persona sehingga semakin dianggap 'idaman'. Selain Bill dan Elon, miliuner lain yang punya imej baik, antara lain Jeff Bezos, Sheryl Sandberg, dan Richard Branson.

Tapi imej baik tidak pula membuat semua orang menyukai mereka. Bill Gates, Elon Musk, dan Jeff Bezos juga punya banyak haters. Jeff Bezos bahkan masuk lima besar pengusaha paling disukai sekaligus dibenci.

Lalu siapa miliuner yang paling tidak disukai? Adalah Donald Trump yang dibenci di 84 negara dan 43 negara bagian Amerika. Jeff Bezos, Rupert Murdoch, Mark Zuckerberg, dan Bill Gates sebenarnya juga tidak disukai tapi hanya di beberapa negara.

Daftar Miliuner Paling Disuka dan DibenciDaftar Miliuner Paling Disuka dan Dibenci Foto: Dok. Businessfinancing

Apa penyebab beberapa orang membenci orang kaya? "Kebanyakan orang mendambakan gaya hidup yang mereka tidak capai atau tidak mampu. Sayangnya, aku pikir itu membiarkan beberapa orang untuk bersikap buruk, mengatakan hal yang buruk di media sosial, bersikap buruk terhadap keluarga mereka," kata neuroscientist Dr. Tara Bieber.

Sebaliknya Bill Gates menjadi favorit di 37 negara dan paling dibenci di tiga negara saja. Salah satu alasannya karena ia berjanji untuk tidak mewarisi kekayaan pada anak-anak tapi disumbangkan. "Aku punya kewajiban untuk mengembalikan sumber-sumberku kepada masyarakat karena punya dampak terbesar untuk mengurangi penderitaan dan meningkatkan taraf hidup," kata Bill Gates.

(ami/ami)
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya