ADVERTISEMENT

Viral Pengacara Pakai Baju Serba Pink di Pengadilan Mirip Film Legally Blonde

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 13 Okt 2022 11:45 WIB
Kathleen Martinez Foto: Instagram Kathleen Martinez
Jakarta -

Kathleen Martinez disebut sebagai Elle Woods di kehidupan nyata karena profesi, penampilan, juga kisahnya. Dalam sebuah video yang viral, Kathleen sering bercerita bagaimana ia direndahkan sesama pengacara karena busananya yang mirip Barbie di pengadilan. Tapi itu malah menjadi motivasinya untuk menang bahkan mendirikan firma sendiri yang serba pink.

Kathleen mengaku memang terinspirasi dengan Legally Blonde, film yang bercerita mengenai pengacara berambut pirang berpenampilan feminine bak Barbie. Ketika bekerja di dunia hukum, Kathleen pun mendapati berbagai perlakuan kurang menyenangkan karena dirinya seorang wanita berpenampilan menarik seperti karakter yang diperankan Reese Witherspoon itu.

@attorneymartinez

Sebelum akhirnya mendirikan firma hukum imigrasi pada 2020 sampai, Kathleen mengaku sering dipandang sebelah mata, terutama dari para pria. Seorang pria yang lima kali gagal tes pengacara bahkan mengatakan ia tidak percaya Kathleen bisa lulus. Ketika menekuni bidang tersebut, Kathleen masih sering mendapat perlakukan serupa sampai pernah dipecat.

"Bosku memecatku di pekerjaan pertamaku sebagai pengacara karena dianggap tidak cocok dengan budaya konservatif dan menolak membuatkannya kopi. Jadi aku membuat firmaku sendiri di mana kami bisa memakai apa yang kami mau dan aku berpapasan dengan bos lamaku karena pekerjaan. Hal terbaiknya adalah dia melamar pekerjaan di firmaku. Aku bilang kami butuh bantuan membuatkan kopi untuk para wanita," katanya di TikTok.

@attorneymartinez

Karena memilih berpenampilan glamour, Kathleen memang sering dianggap hanya mengandalkan kecantikan. Tapi ia membuktikan jika penampilan tidak selalu menunjukkan kualitas seseorang. "Dulu bosku terus saja berkomentar soal penampilanku. Itu merendahkan dan manajer ini jelas-jelas tidak mau menganggapku serius karena caraku berpakaian. Pernah aku pakai dress hijau dan orang itu berkata tidak mau menemaniku ke pangadilan sampai aku ganti dengan warna yang lebih 'pantas'. Aku tetap memakainya dan hakim menyukainya," ungkapnya.

Kini Kathleen mendirikan firma di mana para pengacara wanitanya didukung untuk memeluk sisi feminin. Mereka dibiarkan untuk berdandan cantik dan memakai setelan pink yang mencuri perhatian di pengadilan. Ia pun membuat kantor dan ruang kerjanya dengan interior glamour serba pink sesuai selera.

"Aku suka tampil mencolok. Aku biasa melawan pengacara tua konservatif yang merendahkanku karena penampilan. Aku merasa menang (kasus) dengan setelan warna terang membuatnya jadi lebih menyenangkan. Klienku juga menyukainya. Elle Woods dan aku menggunakan gaya personal kami dan kami tidak membiarkannya menghalangi intelektual dan tujuan profesional kami. Pesannya: kamu tidak harus memilih jadi feminin atau cerdas, kamu bisa jadi keduanya," tutur Kathleen.

@attorneymartinez

(ami/ami)