ADVERTISEMENT

Raja Lipstik Bikin Heboh Setelah Menghilang Secara Misterius, Ini Alasannya

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 24 Sep 2022 08:00 WIB
Li Jiaqi Foto: Weibo/Sina
Jakarta -

Lipstik identik dengan wanita. Tapi seorang pria asal China bernama Li Jiaqi dijuluki 'Raja Lipstik' karena kemampuannya mengulas dan mempromosikan perona bibir melalui live streaming. Beberapa bulan belakangan, sang selebgram tengah jadi perbincangan karena menghilang secara misterius.

Li Jiaqi adalah salah satu selebgram beauty paling berpengaruh di China. Popularitas pria tersebut bahkan sukses mendulang untung untuk dirinya dan brand yang mengajaknya bekerja sama. Pada festival belanja 11.11 tahun lalu yang diadakan Grup Alibaba di tengah masa pandemi, ia bahkan berhasil mendorong penjualan senilai $1,9 juta atau sekitar Rp 26 miliaran.

Li JiaqiLi Jiaqi Foto: Weibo/Sina

Pengaruh seorang selebgram bisa membawa keuntungan tapi tidak datang tanpa risiko pekerjaan. Terlebih di China, seorang figur publik dituntut untuk tidak berperilaku menyimpang jika tidak mau diblokir pemerintah. Li Jiaqi pun baru-baru terlibat masalah karena kemunculannya di sebuah siaran. Jadi kontroversi karena menunjukkan kue berbentuk tank, ia sampai menghilang dari publik.

Masalah itu berawal ketika Li Jiaqi melakukan livestreaming untuk mempromosikan berbagai produk. Dalam satu momen, ia menunjukkan kue es krim yang didekorasi dengan biskuit dan wafer berbentuk tank. Sekilas terlihat kreatif, hal itu ternyata menyinggung bagi warga China. Dikatakan jika tank menjadi simbol sensitif yang dikaitkan dengan aksi protes di Lapangan Tiananmen pada 1989 yang menewaskan lebih dari 200 orang.

Pemerintah China sendiri telah melarang masyarakat untuk mendiskusikan atau memperingati kejadian tersebut. Siapa yang melarang bisa dikenakan hukuman. Karena itu, Li Jiaqi tiba-tiba menghentikan siarannya yang awalnya disebut karena kesalahan teknis. Sejak saat itu, Li menghilang secara misterius selama beberapa waktu.

Austin Li JiaqiAustin Li Jiaqi Foto: VCG via Getty Images/VCG

Untungnya tiga bulan kemudian, Li Jiaqi mulai menampakan diri. Baru-baru ini ia bahkan tampil di sebuah siaran. Meski tidak mengatakan alasannya menghilang, Li mendapat sambutan dari para fansnya. Ia bahkan berhasil menjual lebih dari 50 ribu pelembap.

Li Jiaqi bukan satu-satunya figur publik China yang menghilang setelah terlibat masalah. Beberapa selebriti, seperti Fan Bingbing, Vicky Zhao, Zhang Zhehan hingga Zheng Shuang juga pernah melakukan hal serupa bahkan sebagian besar belum kembali ke dunia hiburan. Masalah yang mereka hadapi pun bermacam-macam, mulai dari kasus pajak, menelantarkan anak sampai foto di kuil Jepang.

(ami/ami)