ADVERTISEMENT

Viral Anak Muda Pilih Kerja Jadi Sopir Bus Padahal Diterima 3 Kampus Negeri

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 16 Sep 2022 08:00 WIB
Matthew Tay Foto: TikTok
Jakarta -

Seorang pria 23 tahun bernama Matthew Tay jadi viral karena pilihan kariernya yang tidak biasa. Matthew bekerja sebagai sopir bus yang mungkin dianggap kurang prestis bagian sebagian orang. Ketika mendokumentasikan pekerjaan sehari-hari di TikTok, netizen terkagum dengan cerita di baliknya.

Dalam sebuah video, Matthew menjelaskan bahwa ia memang bercita-cita jadi sopir bus bahkan sampai menolak tawaran untuk masuk universitas ternama. Ia pertama kali bekerja di bidang transportasi pada 2021 setelah mendapatkan lisensi mengemudi ketika menjalani wajib militer.

Matthew TayMatthew Tay Foto: Dok. TikTok

Di saat yang bersamaan, pria asal Singapura tersebut sudah menerima tawaran dari National University of Singapore untuk jurusan Adminstrasi Bisnis. Tak hanya itu, Matthew juga diterima di Singapore Management University dan Nanyang Technological University. Tapi kemudian ia lebih memilih bekerja jadi sopir bus.

@99colours

Matthew mulai tertarik dengan bis di usia tujuh tahun. Ia bahkan sering menggambar dan memotret berbagai jenisnya. "Pada 2017 sampai 2021, minatku pada bis pudar karena model-modelnya banyak yang sama dan tidak ada yang membuatku tertarik," katanya.

Tapi setelah mendapat kesempatan kerja untuk benar-benar jadi sopir bus, minatnya pada kendaraan besar tersebut mulai muncul lagi. Setelah mengendarainya, Matthew sadar bahwa itu lah yang ingin dilakukan dan lebih dekat ke hati.

Matthew TayMatthew Tay Foto: Dok. TikTok

Meski sudah menemukan 'passion', Matthew masih harus meyakinkan orang tuanya untuk menjalani pekerjaan itu. Sempat meragukan apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan, untungnya ibu dan ayah Matthew akhirnya mendukung. Tapi diakuinya tidak semua orang suportif dengan pilihan karier tersebut.

@99colours @goaheadsingapore

"Minat adalah apa yang mendorongku. Aku tidak ingin berakhir dengan pekerjaan 9-5 yang membosankan dan melakukan sesuatu yang aku tidak suka karena aku hanya melakukannya untuk uang dan aku akhirnya terpaksa untuk bekerja setiap hari. Aku ingin bersenang-senang dengan pekerjaannku jadi tidak terasa sangat melelahkan," ungkapnya.

Selain ketertarikan dengan bus, Matthew Jay juga terinspirasi untuk jadi sopir bus karena ibu baptisnya juga menjalani pekerjaan yang sama. Ia melihat jika wanita itu tidak pernah kekurangan meski tidak menghasilkan banyak uang.

Matthew sendiri tidak berencana jadi sopir bus selamanya tapi ia memang ingin berkarier di industri tersebut. Selagi mengeksplor posisi lain, ia ingin memulainya dari bawah dengan menjadi supir. Matthew juga menyukai profesinya yang tidak dituntut oleh bos dan bisa sambil melihat-lihat pemandangan selagi bekerja.

(ami/ami)