ADVERTISEMENT

Viral Guru Bersihkan Rambut Murid Penuh Kutu, Kisah di Baliknya Bikin Sedih

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 04 Sep 2022 16:00 WIB
Baim Wong bertemu dengan Tamara dan keluarga viral di media sosial. Baim Wong bertemu dengan keluarga Tamara. Foto: Dok. Instagram @baimwong.
Solo -

Belum lama ini beredar viral aksi guru terpaksa memotong dan membersihkan rambut muridnya yang dipenuhi kutu. Momen guru membantu muridnya bebas dari kutu ini viral setelah dibagikan lewat akun TikTok @zeraazzahra.

Guru tersebut mengunggah video yang memperlihatkan kondisi rambut muridnya yang dipenuhi kutu. Wajah sang murid tak diperlihatkan, hanya tampak belakangnya saja yang muncul di video.

Dalam video viral terlihat guru tersebut membawa muridnya keluar kelas. Sang murid kemudian diminta duduk saat rambutnya mendapatkan penanganan. Guru tersebut kemudian mulai memotong sedikit demi sedikit rambut muridnya.

"Halo teman-teman semuanya aku mau berbagi sedikit tentang pengalaman kami. Hari ini tadi pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Ini adalah anak kelas 4 yang kedapatan garuk-garuk pada saat jam pelajaran," kata Zera.

"Pada saat saya tanyain, kenapa nak kok garuk-garuk terus kepalamu ?" tanya Zera kepada muridnya.

"Gatal bu," jawab sang murid itu.

"Kemudian teman yang ada di belakangnya bilang ngomong ke saya bu itu kutunya jalan dan ternyata benar, kutunya keluar dari jilbab anak tersebut. Terus aku kepo dan membuka jilbabnya. Kemudian aku dapatin buanyak banget kutu dan lingso ya kalau dalam bahasa Jawa. Itu banyak banget sampai nyumpal gitu, pada saat aku buka jilbabnya bau nya Masya Allah sampai apek banget," tutur Zera yang terkejut.

Ia kemudian meminta tolong guru-guru lainnya untuk membantu menyisir rambut anak murid malang tersebut. Sang murid terlihat sudah merasa tidak nyaman dan gatal di kepalanya.

"Kemudian kita sisir pakai suri dan dikasih obat kapur barus karena mendadak, Katanya kapur barus itu bisa membuat kutunya mati. Tapi benar bikin mati juga entah sesaat tapi keadaan darurat kita sisir terus," kata Zera yang langsung gerak cepat.

Dalam videonya, Zera mengaku bingung orang tua sang murid tidak mengetahui keadaan rambut anaknya yang penuh dengan kutu. Ia pun langsung bertanya kepada anak murid tersebut.

"Saya tanyain terus, nak apa ibumu tahu kalau kamu sampai kayak gini?" tanya Zera.

"Tahu bu tapi ibu repot kerja terus," jawab anak murid itu.

Menurut Zera, anak-anak murid perempuan memakai hijab setiap hari ketika sekolah. Karena itu kondisi rambut sang murid menjadi lembab dan kutu semakin menyebar luas.

"Sampai setiap helai rambut ada telur. Akhirnya teman guru saya memangkas rambut dengan persetujuan dari anaknya juga mau dan kita potong tipis-tipis rapi dan cantik. Biar kutunya hilang anaknya juga nyaman," ungkap Zera yang merasa gemas. Kisah viralnya KLIK DI SINI.

Baim Wong Temui Keluarga Murid yang Rambutnya Penuh Kutu

Aktor, YouTuber dan model Baim Wong terketuk hatinya untuk mengetahui identitas keluarga murid yang menjadi perbincangan warganet tersebut. Ia mengunggah ulang video aksi guru yang membersihkan rambut muridnya yang penuh kutu itu ke akun Instagram pribadinya @baimwong. Suami Paula Verhoeven itu bertanya identitas murid tersebut.

"Jangan jadi jijik karena video ini..
Tapi harus mikir gimana keadaan keluarganya, sampai kaya begini..

Ada yang tau alamat adek ini?
Dm saya ya," tanya Baim di akun Instagramnya.

Ia bertanya kepada pengikutnya di Instagram kebedaraan anak malang itu. Kemudian Baim berhasil mendapatkan alamat murid dengan rambut penuh kutu tersebut dan langsung menemuinya.

[Gambas:Instagram]

Baim Wong mengungkapkan anak SD yang menjadi atensi warganet karena rambutnya penuh kutu ditinggal oleh ayahnya sejak masih dalam kandungan. Anak itu bernama Tamara.

"Ternyata ibunya Tamara bekerja sebagai pemulung..
Tamara ditinggal ayahnya ketika ibunya masih mengandung..
Alhamdulilah saya bisa datang, dan bisa berkenalan langsung dengan seorang wanita pekerja keras, yang dengan tangannya bisa menafkahi Tamara dan Kakeknya," tulis Baim.

Baim membagikan foto saat bersama Tamara dan ibunya. Sang ibu menyambut baik kehadiran Baim di kediamannya yang berada di Solo, Jawa Tengah.

Baim Wong bertemu dengan Tamara dan keluarga viral di media sosial.Foto Baim Wong (kanan) bertemu dengan Tamara (tengah) dan Zera (kiri) viral di media sosial. Foto: Dok. Instagram @baimwong.

Unggahan Baim sudah ditonton lebih dari 111.962 Likes dan mendapat 1.744 komentar. Warganet ikut terharu dan simpati dengan aksi Baim Wong.

"Huhuuu pasti ibunya gak sempat merhatiin anaknya kutuan dan lain-lain karena sibuk cari uang biar tetap sekolah dan bisa makan🥹⁉️," ucap akun @4kucangt1pppp.

"Nah yang kemarin pada bilang "kemana ibunya, masa anaknya gak diurusin minimal beliin shampo". Sudah tahu kan sekarang kondisi keluarganya gimana. Semangat ya adek❤️," haru akun @gita.rhyu.

"Hayoo kemarin yang bilang ibunya ngga perhatian terus ngatain ibunya ngapain ajaa gimana setelah lihat ternyata ibunya Tamara pemulung dan tulang punggung keluarga," sedih pengguna Instagram @ranndputri.

"Gegara kutu😂...Allah izinkan mas Baim berbagi rezeki dengan keluarga si anak...coba kalau gak ada kutu mungkin ga ketemu sama mas Baim. Jadi berterimaksih lah sama kutu-kutu itu hehe,,semua ada hikmahnya," timpal akun @fitriyantikasim.

(gaf/eny)