ADVERTISEMENT

TikTok Viral Verificator

Viral Aksi Guru Bersihkan Rambut Murid yang Dipenuhi Kutu, Bikin Merinding

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 01 Sep 2022 06:00 WIB
Kisah guru yang terpaksa memotong rambut anak muridnya dan membantu membuang kutu tuai pujian dari warganet. Aksi guru memotong rambut dan membuang kutu rambut murid tuai pujian dari warganet. Foto: Dok. TikTok @zeraazzahra.
Karanganyar -

Aksi guru ini mendadak viral dan menjadi perbincangan netizen di media sosial. Pasalnya, sang guru terpaksa memotong dan membersihkan rambut muridnya yang dipenuhi kutu.

Momen guru membantu muridnya bebas dari kutu ini viral setelah dibagikan lewat akun TikTok @zeraazzahra. Guru tersebut mengunggah video yang memperlihatkan kondisi rambut muridnya yang dipenuhi kutu. Wajah sang murid tak diperlihatkan, hanya tampak belakangnya saja yang muncul di video.

Dalam video viral terlihat guru tersebut membawa muridnya keluar kelas. Sang murid kemudian diminta duduk saat rambutnya mendapatkan penanganan. Guru tersebut kemudian mulai memotong sedikit demi sedikit rambut muridnya.

"Halo teman-teman semuanya aku mau berbagi sedikit tentang pengalaman kami. Hari ini tadi pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Ini adalah anak kelas 4 yang kedapatan garuk-garuk pada saat jam pelajaran," kata Zera.

"Pada saat saya tanyain, kenapa nak kok garuk-garuk terus kepalamu ?" tanya Zera kepada muridnya.

"Gatal bu," jawab sang murid itu.

"Kemudian teman yang ada di belakangnya bilang ngomong ke saya bu itu kutunya jalan dan ternyata benar, kutunya keluar dari jilbab anak tersebut. Terus aku kepo dan membuka jilbabnya. Kemudian aku dapatin buanyak banget kutu dan lingso ya kalau dalam bahasa Jawa. Itu banyak banget sampai nyumpal gitu, pada saat aku buka jilbabnya bau nya Masya Allah sampai apek banget," tutur Zera yang terkejut.

@zeraazzahra

Semangat anak cantik ,,, bu guru pantau terus sampai kamu bebas kutu🤗

♬ Ojo Di Bandingke - Denny Caknan

Ia kemudian meminta tolong guru-guru lainnya untuk membantu menyisir rambut anak murid malang tersebut. Sang murid terlihat sudah merasa tidak nyaman dan gatal di kepalanya.

"Kemudian kita sisir pakai suri dan dikasih obat kapur barus karena mendadak, Katanya kapur barus itu bisa membuat kutunya mati. Tapi benar bikin mati juga entah sesaat tapi keadaan darurat kita sisir terus," kata Zera yang langsung gerak cepat.

Dalam videonya, Zera mengaku bingung orang tua sang murid tidak mengetahui keadaan rambut anaknya yang penuh dengan kutu. Ia pun langsung bertanya kepada anak murid tersebut.

"Saya tanyain terus, nak apa ibumu tahu kalau kamu sampai kayak gini?" tanya Zera.

"Tahu bu tapi ibu repot kerja terus," jawab anak murid itu.

Kisah guru yang terpaksa memotong rambut anak muridnya dan membantu membuang kutu tuai pujian dari warganet.Kisah guru yang terpaksa memotong rambut anak muridnya dan membantu membuang kutu tuai pujian dari warganet. Foto: Dok. TikTok @zeraazzahra.

Menurut Zera, anak-anak murid perempuan memakai hijab setiap hari ketika sekolah. Karena itu kondisi rambut sang murid menjadi lembab dan kutu semakin menyebar luas.

"Sampai setiap helai rambut ada telur. Akhirnya teman guru saya memangkas rambut dengan persetujuan dari anaknya juga mau dan kita potong tipis-tipis rapi dan cantik. Biar kutunya hilang anaknya juga nyaman," ungkap Zera yang merasa gemas.

Dalam video yang berdurasi 3,8 menit itu Zera menuturkan baru pertama kali menangani murid yang mempunyai banyak kutu di rambutnya.

"Sampai full dari depan sampai belakang, kutunya sampai jalan-jalan. Belakang lehernya itu sampai ada darah dibajunya kotor cokelat gitu karena darah dan dibuat rumah sama kutunya. Semoga anak wedho cepat ceria lagi dan semangat," tutur Zera.

Kisah guru yang terpaksa memotong rambut anak muridnya dan membantu membuang kutu tuai pujian dari warganet.Kisah guru yang terpaksa memotong rambut anak muridnya dan membantu membuang kutu tuai pujian dari warganet. Foto: Dok. TikTok @zeraazzahra.

Unggahan guru yang memotong dan membuang kutu rambut muridnya itu sudah ditonton lebih dari 29,9 juta Views. Warganet ada yang kasihan dengan anak murid, memuji aksi sang guru dan merinding melihat penampakan kutu rambut murid tersebut.

"Kok bisa sebanyak itu😭?" tanya akun @Cantiktapiboong.

"Kasian banget, gak kebayang gatalnya gimana😭 panjang umur & sehat selalu para guru yang sudah peduli sama muridnya," ucap haru @❁.*・゚ʕ•́ᴥ•̀ʔっ゚・*.❁.

"Ibu gurunya baik banget🥺," puji akun @Nisrina Nufus.

"Jarang ada guru yang mau merhatikan murid sampai kayak gini.. sehat selalu bu guruu," saut akun @ALLEN.

"Merindinggggg😰😰😰," saut akun TikTok @Baiq Rahmi Hidayah.

"Sampai merinding semua. Kasihan banget km de," sedih akun @fifi.

Kisah guru yang terpaksa memotong rambut anak muridnya dan membantu membuang kutu tuai pujian dari warganet.Kisah guru yang terpaksa memotong rambut anak muridnya dan membantu membuang kutu tuai pujian dari warganet. Foto: Dok. TikTok @zeraazzahra.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Zera Ayu Fatmawati, guru yang membantu memotong dan membuang kutu rambut muridnya. Ia menceritakan awal mula sang murid merasa tidak nyaman ketika sedang berada di kelas.

"Saat pelajaran anak tersebut garuk-garuk. Kemudian aku tanya-tanya. Kepalanya gatal buk. Terus lewat sela-sela jilbab keluar kutu hitam nempel di baju. Terus kita buka dan baru ketahuan full rambut penuh kutu," ungkap Zera kepada Wolipop lewat WhatsApp, Rabu (31/8/2022).

Zera sehari-harinya aktif mengajar sebagai guru Sekolah Dasar (SD) sejak tahun 2006. Sepanjang kariernya menjadi guru, baru kali ini dia membersihkan kutu rambut muridnya. Wanita yang berusia 37 tahun itu kemudian menjelaskan tindakan yang dilakukannya untuk membersihkan rambut sang murid dari kutu.

"Kita sisir, dikasih kapur bagus. Dipotong rambut agar rapi agar mengurangi perkembangan kutu. Intinya murid saya kedapatan punya kutu yang super banyak," jelasnya terkejut.

Video unggahannya viral di media sosial, guru yang tinggal di Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah itu menanggapi berbagai komentar warganet. "Reaksi baca komentar terharu dan terima kasih untuk support," ucapnya.

Pada akhir wawancara, Zera berharap agar murid lainnya selalu menjaga kebersihan badan terutama rambut. Dia juga meminta para orangtua memperhatikan kebersihan tubuh ana-anaknya.

(gaf/eny)