ADVERTISEMENT

Tak Selalu Glamor, Wanita Ini Ungkap Realita Bekerja Sebagai Pramugari

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 01 Sep 2022 09:00 WIB
Airline stewardess in protection mask turning her head and looking into camera while pressing hands to overhead bin cover Foto: Getty Images/iStockphoto/yacobchuk
Jakarta -

Pramugari menjadi salah satu profesi yang banyak dicita-citakan wanita. Selain gaji yang cukup menjanjikan, bukan rahasia lagi jika pekerjaan tersebut dipandang prestis. Penampilan menarik dan bisa bepergian ke berbagai destinasi pun membuat mereka terlihat glamour. Tapi seorang pramugari mengungkap realitanya yang tidak diketahui banyak orang.

Adalah Lucinda Strafford, seorang selebgram yang pernah bekerja sebagai pramugari. Sebelum terjun sebagai kreator konten dan pemilik butik, wanita yang pernah membintangi reality show Love Island itu sempat mencicip profesi sebagai kru kabin di British Airways. YouTuber itu terinspirasi untuk terjun ke dunia yang sama dengan ibunya.

Tapi sayangnya pengalaman Lucinda dengan pekerjaan tersebut tidak selalu positif. Meski setiap profesi tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, menurutnya menjadi seorang pramugari punya banyak batasan.

"Aku memang merasa ketentuan seragamnya sangat ketat. Aku merasa akan tidak disukai jika harus naik satu ukuran jadi kamu harus mencoba yang terbaik untuk tetap menggunakan seragam yang sama,"

[Gambas:Instagram]



"Sangat sulit untuk mempertahankan beratmu ketika bekerja sebagai kru kabin karena kamu selalu dikelilingi dengan makan dan kamu makan di jam-jam yang tidak biasa karena kamu butuh energi," ungkap Lucinda kepada Dailystar.

Hal tersebut diperparah dengan sulitnya untuk berolahraga. Selain karena tidak banyak waktu, pramugari sering kali kelelahan di masa istirahatnya jadi tidak punya lagi banyak tenaga. Apalagi ia juga harus dan bagus terjaga di saat-saat yang tidak normal untuk kebanyakan orang dan bisa mempengaruhi berat badan.

"Aku tahu tidak biasa untuk seorang kru kabin bertambah berat badan. Aku ingat ketika aku baru bekerja orang-orang bilang kamu tidak akan selamanya kurus," katanya.

[Gambas:Instagram]



Lucinda juga keberatan dengan aturan ketat terkait ukuran seragam. Ia mengaku manajer sering kali mengukur rok para pramugari untuk memastikannya sempurna. Jika dinilai terlalu pendek, ia akan diminta untuk mengganti dengan ukuran lain. Tak hanya itu, para pramugari juga tidak diperbolehkan pakai aksesori tertentu.

"Kamu tidak boleh pakai gelang apapun dan aku ingin temanku pakai gelang Cartier dan tidak bisa dibuka kecuali ada alatnya dan dia benar-benar dimarahi dan diberi peringatan," jelas wanita 22 tahun tersebut.

Meski begitu, tentu Lucinda juga merasakan berbagai keuntungan saat bekerja sebagai pramugari. Salah satunya adalah kerja sambil liburan. "Rute favoritku tentu saja Caribbean. Aku suka Barbados, itu selalu jadi favoritku. Aku dulu kadang pergi tiga sampai empat kali dalam satu bulan, setiap kali biasanya hanya satu malam," kata Lucinda.

(ami/ami)