ADVERTISEMENT

Ini Model Transgender Termuda di Dunia yang Menuai Kontroversi

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 29 Agu 2022 13:45 WIB
Noella McMaher Foto: Instagram @thenoellabella
Jakarta -

Kehadiran model cilik bukan sesuatu yang baru. Tapi seorang peragawati anak berusia 10 tahun bernama Noella McMaher mengundang kontroversi karena gendernya. Ia disebut sebagai model transgender termuda di dunia. Meski kehadirannya menjadi perdebatan, pakar industri fashion memprediksi ia bisa menghasilkan banyak keuntungan di masa depan.

Noella McMaher menjadi perbincangan setelah berjalan sebagai model pertama kalinya di New York Fashion Week beberapa waktu lalu. Ketika itu, Noella membawakan busana dari Trans Clothing Company yang memang fokus pada koleksi busana untuk transgender. Ia pun merupakan orang termuda yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Noella McMaherNoella McMaher Foto: Instagram @thenoellabella

Anak yang diidentifikasi sebagai transgender di usia dua setengah tahun itu pun dilaporkan kini mendapat banyak tawaran pekerjaan bahkan diprediksi akan mendapatkan $ 1 juta (Rp 14 miliaran) tahun depan.

"Acara pertama Noela adalah Chicago Fashion Week di usia tujuh tahun. Seorang remaja transgender memberi tahu dia tentang audisi-audisi terbuka lalu dia menonton video di YouTube untuk persiapan. Dia di-booked dua desainer di audisi pertamanya. Sejak itu, dia sudah tampil di dua Chicago Fashion Week dan beberapa acara yang lebih kecil," kata ibunya, Dee McMaher.

Noella McMaherNoella McMaher Foto: Instagram @thenoellabella

Di tengah popularitas Noella, banyak orang mengkhawatirkan anak kelahiran Chicago tersebut karena dianggap masih terlalu kecil untuk mengubah identitas gendernya.

Noella sendiri datang dari keluarga LGBT. Ibu kandungnya, Dee, adalah pria transgender. "Pasanganku dan aku dua-duanya adalah non biner. Dalam hal identitas gender, Noella bertransisi sebelum kami berdua. Dia lahir dengan identitas yang garang dan percaya diri," katanya dilansir Daily Mail.

Noella McMaherNoella McMaher Foto: Instagram @thenoellabella

Dikatakan jika pada usia dua tahunan, Noella yang terlahir laki-laki sudah mengatakan bahwa dirinya perempuan. Setelah berkonsultasi dengan klinik gender, Noella bertransformasi secara sosial sejak usia empat tahun lalu gendernya di kartu keluarga diubah di usia enam.

Ayah kandung Noella sendiri, Timothy McCord, mengaku tidak masalah anaknya menjadi transgender. Tapi ia khawatir hal tersebut diungkap secara publik terlalu dini. Pria itu bahkan tidak yakin dengan masa depan anaknya yang direncanakan akan menjalani perawatan hormon. "Aku tidak bisa berkata apa-apa. Dia bukan anakku lagi," ujarnya dilansir New York Post.

Noella McMaherNoella McMaher Foto: Instagram @thenoellabella
(ami/ami)