ADVERTISEMENT

Raffi Ahmad Tidak Lanjutkan Kuliah, Ini Rahasianya Bisa Jadi Sukses

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 26 Agu 2022 12:00 WIB
keluarga raffi ahmad Foto: dok. Instagram @raffinagita1717
Jakarta -

Raffi Ahmad adalah salah satu artis yang tidak menempuh pendidikan tinggi. Karena kesibukannya setelah jadi artis di usia remaja, pria yang dikenal sebagai pesinetron, presenter, dan YouTuber tersebut tidak sempat kuliah. Meski begitu, suami Nagita Slavina ini sukses dalam kariernya hingga diberi gelar 'Sultan Andara'.

Dalam sebuah video YouTube terbaru, Raffi Ahmad pun bicara mengenai keputusannya untuk tidak meneruskan kuliah. Meski mengetahui pentingnya pendidikan untuk masa depan, Raffi memang memilih untuk meneruskan kariernya. Ternyata ayah Rafathar dan Rayyanza itu pernah mencicip bangku kuliah tapi hanya seminggu.

"Kuliah masuk seminggu doang di salah universitas terus aku syuting, syuting, syuting, terus aku belum lanjutin lagi," katanya ketika menjawab pertanyaan netizen yang banyak ditanyakan di Google.

Ia kemudian menjelaskan alasannya yakin bisa sukses tanpa kuliah. "Kuliah belum aku lanjutkan lagi tapi yang paling penting modal percaya dulu, aku percaya sama lingkungan, teman-teman, dan kemampuan diri aku sendiri itu yang paling penting,"

"Setelah kita percaya dengan diri sendiri dan kita percaya dengan lingkungan kita bisa membawa kita jadi lebih baik itu adalah modal pertama menggapai kesuksesan," jelas Raffi.

Tak disangka meski sudah sukses Raffi Ahmad masih menyimpan rencana untuk kuliah. Anak sulung dari tiga bersaudara itu bahkan mengungkap keinginannya untuk jadi ustadz.

"Kuliah umur di 40 tahun, mau jadi ustadz, aku mau kuliah lagi bisa dapat gelar S1, S2, S3, bisa jadi, ya kan kita nggak tahu ke depannya," kata Raffi.

Tapi ia tetap menekankan pentingnya kepercayaan diri. "Kita mau sekolah tinggi-tinggi tapi modal percaya sama diri sendiri nggak ada, nanti ilmu yang bermanfaat jadi bermudarat," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Raffi juga bicara mengenai pandangan orang-orang bahwa dirinya adalah artis terkaya. Menurutnya kesuksesan harta bukanlah yang paling utama. "Orang terkaya, doain aja, kaya hati paling pertama, kaya sabar, kaya senyum, kaya berkah," jelas Raffi Ahmad.

(ami/ami)