ADVERTISEMENT

TikTok Viral Verificator

Viral TNI Wanita Nyaris Pingsan Saat Upacara HUT RI di Istana, Faktanya...

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 19 Agu 2022 06:00 WIB
Viral salah satu Kowad yang menolak ditandu sampai menyelesaikan tugasnya pada saat upacara bendera di Istana Merdeka. Seorang Wara viral hampir pingsan, namun tak mau ditandu viral di media sosial. Foto: Dok. TIkTok @blinkblink25.
Jakarta -

Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) ini mendadak jadi perbincangan warganet di TikTok. Video viral memperlihatkan dia sudah terlihat lemas, namun tak ingin ditandu saat mengikuti upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Video yang memperlihatkan momen seorang TNI Wanita nyaris pingsan itu direkam oleh akun TikTok Deti @blinkblink25. Ia berada di barisan tamu undangan yang hadir pada saat upacara pengibaran bendera di Istana Negara.

Dalam video terlihat Wara itu sudah sempoyongan, tangannya ditarik oleh oleh temannya yang berada di belakang, agar tetap berada di dalam barisan. Wara itu terlihat menahan diri agar tidak tumbang.

Badannya semakin lemas, ia pun terjatuh dan dibantu oleh teman sesama Wara lainnya. Ketika staf kesehatan dari TNI Angkatan Darat datang dengan membawa tandu, dia menolak untuk ditandu. Menurut pemilik aku TikTok Deti, Wara itu enggan meninggalkan barisan sebelum acara selesai.

"Teruntuk mba Kowad ini kamu luar biasa mba. Menolak ditandu sampai akhirnya kamu menyelesaikan tugasmu dengan baik," takjub Deti pemilik akun TikTok @blinkblink25.

Dalam unggahannya Deti pun penasaran dengan sosok Wara itu karena bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya sebagai pasukan di Istana Negara.

"Tag mba nya pliss yang tahu.. mba nya kerennn banget menyelesaikan tugasnya sebagai pasukan di istana negara πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘ #doyourmagictiktok," tulis keterangan video.

Deti juga menjelaskan melalui komentar jika wanita itu bukan Korps Wanita Angkatan Darat atau di singkat (Kowad) seperti dituliskannya di keterangan video. TNI Wanita itu ternyata anggota Angkatan Udara (Wara).

"Oh ya maaf itu mba WARA ya bukan mba KOWAD πŸ₯° (intinya mba TNI πŸ’ͺ)," tutur @Deti_05.

Viral salah satu Kowad yang menolak ditandu sampai menyelesaikan tugasnya pada saat upacara bendera di Istana Merdeka.Viral salah satu Wara yang menolak ditandu sampai menyelesaikan tugasnya pada saat upacara bendera di Istana Merdeka. Foto: Dok. TIkTok @blinkblink25.

Unggahan Deti yang merekam Wara nyaris pingsan saat upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara itu sudah ditonton lebih dari 4,8 juta Views. Unggahan videonya banjir pujian dari warganet.

"Gw cuma mau bilang kepada semua yang bertugas di Istana Merdeka, MAKASIH BANYAK YOU DID SO WELL!!!πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°," puji akun @arga✨🏹.

"Salut sama mba yang dibelakang nya berusaha bantu nahan semaksimal mungkin," saut akun @blacksweetgirl26.

"Hebat. salutt. Jadi gak di tandu mba?" tanya akun @Therepin@.

@blinkblink25 Tag mba nya pliss yang tahu.. mba nya kerennn banget menyelesaikan tugasnya sebagai pasukan di istana negara πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘ #doyourmagictiktok ♬ BERKIBARLAH BENDERA NEGERIKU - TIMUR MUSIC CREATIVE

Konfirmasi Wolipop


Wolipop sudah menghubungi Deti yang mengunggah video Wara viral di TikTok. Ia merekam video seorang Wara yang hampir pingsan saat berada di barisan pasukan Upacara HUT ke-77 RI.

"Videonya diambil kemarin tanggal 17 Agustus 2022, bertempat di Istana Negara saat pelaksanaan detik-detik upacara proklamasi Kemerdekaan RI ke-77. Video kurang lebih diambil ketika hampir selesai semua sesi acara, di bagian akhir acara saya merekam videonya," ungkap Deti kepada Wolipop, Kamis (18/8/2022).

Wanita yang sehari-hari aktif bekerja sebagai pegawai Kejaksaan RI itu menjelaskan kondisi Wara yang bertugas sebagai salah satu pasukan upacara pengibaran di Istana Negara.

"Yang aku lihat saat itu, ketika acara hampir selesai, mba Wara nya itu sudah seperti oleng badannya. Posisi badannya sudah nggak sikap tegap istirahat sempurna lagi saat itu," jelasnya.

Viral salah satu Kowad yang menolak ditandu sampai menyelesaikan tugasnya pada saat upacara bendera di Istana Merdeka.Viral salah satu Wara yang menolak ditandu sampai menyelesaikan tugasnya pada saat upacara bendera di Istana Merdeka. Foto: Dok. TIkTok @blinkblink25.

"Badannya oleng ke depan dan temannya yang di belakang refleks pegang tangannya dari belakang seperti di video itu. Setelah dipegang dan ditahan sebentar sama temannya yang di belakang itu," lanjut Deti.

Menurut Deti, Wara itu berhasil berdiri tegap sesaat. Namun Wara tersebut tak lama kemudian jatuh lagi langsung tersungkur. Dalam kondisi lemas, ia langsung cepat berdiri lagi dan temannya yang berada di barisan ikut membantu.

"Anggota tentara yang bagian kesehatannya itu langsung lari bawa tandu ke arah mba Wara nya. Tapi aku nggak begitu jelas apa yang terjadi atau percakapan apa yang terjadi antara anggota pasukan kesehatan itu sama mba Wara nya. Dia tidak bergeming sedikit pun dan tetap tegap dengan tangan istirahat ke belakang sampai akhirnya anggota petugas kesehatan itu mundur dengan sendirinya sambil bawa tandu balik ke belakang," tuturnya panjang lebar.

"Aku lihat itu sampai proses akhir acara dibubarkan dan anggota pasukan meninggalkan lapangan mba Waranya berhasil menjalankan tugasnya dan nggak ditandu sama sekali. Dan mungkin di luar setelah acara selesai mba Wara nya baru mendapat pertolongan," pungkas Deti.

(gaf/eny)