ADVERTISEMENT

Kisah Sukses Miss Thailand 2022, Dulu Diejek karena Ortunya Tukang Sampah

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 10 Agu 2022 19:00 WIB
Anna Sueangam-iam Foto: Instagram @annasnga_1o
Jakarta -

Wanita bernama Anna Suengam-iam baru-baru ini dinobatkan menjadi Miss Universe Thailand 2022. Perjalanan Anna sampai bisa jadi ratu kecantikan pun ternyata tidak mudah. Bukan datang dari keluarga kaya atau berpendidikan tinggi, terungkap bahwa ia dibesarkan oleh orang tua yang bekerja sebagai tukang sampah. Dulu Anna bahkan sering diejek dan dipanggil 'Miss sampah'.

Kisah Anna Suengam-iam yang baru dimahkotai Miss Universe Thailand jadi viral. Perjalanan hidupnya disebut inspiratif dan membuktikan semua orang bisa meraih kesuksesan. Orang tua Anna adalah tukang sampah yang bekerja di Administrasi Metropolitan Bangkok.

Anna Sueangam-iamAnna Sueangam-iam Foto: Instagram @annasnga_1o

DilansirMashable, Anna kecil lebih sering sendiri karena ayah dan ibu yang bekerja sejak 03:00 hingga 19:00 setiap hari. Satu-satunya waktu di mana Anna bisa menikmati waktu dengan mereka adalah ketika bersama-sama meninggalkan rumah dengan naik truk sampah. Saat ditinggal orang tua bekerja, Anna pun bermain dengan mainan-mainan yang didapatkan dari tempat pembuangan.

Saat kecil, Anna yang diasuh oleh nenek ketika orang tuanya bekerja mengaku keluarganya kesulitan mendapatkan makanan. Ia pun sering mengandalkan sedekah yang diberikan kepada para biksu. Wanita cantik itu juga sempat mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan dari teman-teman yang mengejek. Ia disebut 'Miss Sampah' karena pekerjaan orang tua.

Anna Sueangam-iamAnna Sueangam-iam Foto: Instagram @annasnga_1o

Karenanya, dalam babak final Miss Universe Thailand 2022, Anna memberikan semangatnya pada orang-orang yang datang dari situasi mampu. "Kamu bukan satu-satunya orang yang menghadapi kesulitan. Aku dulu juga. Kita belajar dari masalah untuk beradaptasi dan bertahan. Aku mengajak kalian untuk punya percaya diri dan bangkit untuk berjuang lagi. Jika aku bisa, kamu juga bisa," ujarnya.

Punya nama dan penampilan 'bule', Anna meyakinkan dirinya bukan anak blasteran seperti kebanyakan kontestan ajang kecantikan di Thailand. Meski bisa dilihat sebagai suatu kekurangan bagi publik tapi Anna bisa membuktikan jika dirinya berhak jadi pemenang.

Ia sendiri adalah sarjana dari Fakultas Seni Liberal dan Sains di Kasetsart University. Sebelum jadi Miss Universe Thailand, anna Suengam-iam pernah jadi pemenang kedua Miss Beautiful Thailand 2020.

Anna Sueangam-iamAnna Sueangam-iam Foto: Instagram @annasnga_1o
(ami/ami)