ADVERTISEMENT

Lakukan Ini Saat Sudah Sering Wawancara Tapi Belum Diterima Kerja

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 04 Agu 2022 14:45 WIB
Shot of a young businesswoman looking stressed out in an office Foto: Getty Images/Cecilie_Arcurs
Jakarta -

Selain CV atau surat lamaran, kemampuan untuk menampilkan potensi saat wawancara juga penting agar diterima kerja. Ketika berhadapan dengan calon bos atau perekrut, sebaiknya tunjukan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat dengan sikap dan berbahasa yang baik. Sayangnya meski sudah mencoba yang terbaik, banyak pelamar yang belum juga diterima. Ketika itu terjadi, apa yang harus dilakukan?

Mendapat pekerjaan bahkan lowongan memang tidak mudah di masa seperti sekarang. Tapi kamu yang sudah sering mencoba apalagi sudah berpengalaman wawancara jangan berkecil hati. Kesempatan untuk diterima kerja masih terbuka lebar selagi mau memperbaiki diri. Untuk meningkatkan kesempatan itu mentor karier Hanif Alim menyarankan agar kamu menyiapkan ilmu dan pengalaman yang lebih baik.

Cara memperbaiki diri setelah beberapa kali gagal diterima kerja dibahas dalam Kulwap yang diadakan Wolipop bertema 'Cara Cepat dan Tepat Masuk Perusahaan Impian' dengan narasumber Mentor Karier Hanif Alim. Dalam sesi bincang-bincang yang diadakan pada Jumat, (29/7/2022) lalu, Hanif memberikan opininya.

Cara pertama adalah memastikan kamu cukup berpengalaman. Jika belum punya banyak, kamu bisa segera mencari magang atau volunter. "Apply dulu kerja atau magang kalau kamu belum terlalu kompetitif apalagi di masa resesi seperti ini di mana banyak orang mencari pekerjaan,"

Hanief mengaku jika kini perusahaan memang lebih ketat dalam memilih pegawai. "Perusahaan menaikkan standar agar mereka hanya menerima orang-orang yg paling top," tuturnya.

Pria yang sering membagi ilmu karier dan lowongan kerja di media sosial itu pun mengungkap faktor apa yang membuat seseorang biasanya tidak lolos wawancara. "Faktor gaji bisa jadi penyebabnya, menjawab yang tidak terstruktur, atau penjelasan interview tidak sebagus CV," kata Hanif Alim.

Jika kamu tidak tahu apa yang salah dalam wawancara tersebut, kamu bisa bertanya langsung kepada pihak HRD untuk minta feedback. "Kamu bisa menyapa dulu lalu bilang 'Terima kasih untuk kesempatan interview yang menyenangkan. Saya ingin bertanya feedback untuk interview saya, ada yang bisa saya perbaiki? Terima kasih," ujar Hanif.

Hal lain yang disarankan Hanif Alim adalah untuk latihan terlebih dahulu bersama teman-teman agar tidak gugup saat wawancara. Ia juga menganjurkan agar kamu yang belum punya banyak pengalaman jangan langsung melamar ke perusahaan besar. "Jangan langsung ke perusahaan besar, mulai dari perusahaan kecil," katanya.

(ami/ami)