ADVERTISEMENT

Pria Terima Kelebihan Gaji 286 Kali Lipat, Tak Sangka Ini yang Dilakukannya

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 18 Jul 2022 12:45 WIB
close up businessman typing on keyboard laptop at loft office for search data information and knowledge on web browser concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Chainarong Prasertthai
Jakarta -

Seorang pria seperti mendapat durian runtuh saat suatu hari melihat isi rekeningnya. Tak ada hujan tak ada angin, ia menerima gaji hingga ratusan kali lipat. Yang dilakukan pria tersebut selanjutnya pun cukup mengejutkan dan membuatnya kini jadi buronan.

Pria asal Chili dilaporkan menerima penghasilan bulanan 286 kali lipat dari yang seharusnya. Dilansir Koran Diario Financiero, pekerja tersebut mendapatkan 165.398.851 peso Chili atau Rp 2,5 miliaran. Padahal gaji aslinya sekitar 500.000 pesos atau Rp 7 jutaan. Bukan karena naik jabatan atau mendapat bonus istimewa, dikatakan itu terjadi karena kesalahan.

Setelah mendapati kelebihan gaji pada bulan Mei lalu, awalnya pria tersebut melaporkannya pada atasan. Staf asisten yang bekerja di Consorcio Industrial de Alimentos (Cial), produser daging potong tersebut mengatakan ada eror pada transferan gajinya. Ia pun setuju untuk mengembalikan dana tersebut.

Perusahaan kemudian menghubungi bank yang mengirimkan gajinya untuk dilakukan pengambilan uang. Tapi setelah mereka mencoba menghubungi pekerja tersebut, ia tidak membalas pesan. Sempat mengaku ketiduran, si pegawai berjanji akan segera mengunjungi bank besok hari untuk memprosesnya. Tapi pada bulan Juni, ia malah memberikan surat pengunduran diri lewat sebuah firma hukum.

Sejak saat itu, pegawai 'beruntung' tersebut menghilang tanpa jejak. Perusahaan pun terpaksa melayangkan tuntutan agar kelebihan dana yang tidak sedikit itu bisa dikembalikan. Sayangnya hingga kini, keberadaannya belum juga diketahui selagi perushaaan menghubungi sejumlah agensi untuk meminta pertolongan.

Pria itu tampaknya merasa seperti memenangkan lotere dan menganggap kesalahan tersebut adalah keberuntungannya. Apa yang akan kamu lakukan kalau menerima kelebihan gaji di rekening?

(ami/ami)