ADVERTISEMENT

Kisah Paramedis Transgender Pertama, Sering Ditolak Pasien Hingga Diludahi

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 13 Jun 2022 10:35 WIB
Steph Meech Foto: Twitter NCT Dream
Jakarta -

Seorang wanita transgender bernama Steph Meech menceritakan kisahnya saat bekerja sebagai paramedis. Diakuinya tidak mudah untuk menjani profesi tersebut selama 20 tahun terakhir. Steph mengatakan kerap mendapat berbagai respon negatif dari pasien yang tidak suka dengan penampilannya. Ia bahkan pernah ditolak merawat pasien hingga diludahi.

Steph Meech adalah salah satu paramedis transgender pertama di Inggris. Selama melakoni pekerjaannya, Steph yang bertugas merawat pasien di situasi-situasi darurat mengaku malah sering dipertanyakan identitas gendernya ketika ingin membantu orang. Steph yang sering kali mengenakan makeup dan anting itu pun kerap dilecehkan karena kondisinya.

"Aku adalah salah satu paramedis transgender pertama di Inggris dan aku merasa senang bisa jadi diri sendiri. Tapi kadang ada pasien yang menyerangku secara verbal dan menolak pertolonganku," katanya.

"Beberapa kali ketika aku mengobati orang dan aku diludahi, hanya karena aku (transgender). Ketika kamu sampai di pintu biasanya mereka berkata, 'Kamu itu apa?" ungkap Steph kepada BBC.

Wanita yang bekerja di jasa ambulan South East Coast Ambulance Service tersebut tentu kecewa dan terluka ketika menerima perlakuan seperti itu. Apalagi tujuan awalnya adalah untuk membantu orang yang kesulitan. "Ketika aku selesai (bekerja) dari insiden-insiden ini, perlakuan mereka benar-benar membuat hati sangat terluka," katanya.

Meski begitu untungnya kebanyakan pasien yang ditemui Steph tidak berlaku demikian dan tetap mengapresiasi pekerjaannya. Karena itu, Steph bisa tetap melanjutkan pekerjaannya sebagai paramedis selama dua dekade. Ia pun mengaku mendapatkan dukungan dari rekan-rekan kerja. "Aku bisa menjadi diriku sendiri. Ini diriku yang sebenarnya dan aku sudah menyimpannya dalam waktu yang lama," tutur Steph.

Dalam sebuah postingan, Steph pun mengungkap transformasinya ketika baru bekerja sebagai paramedis dan setelah 20 tahun menekuni profesi itu. Bisa dilihat jika kini ia lebih percaya diri. "Hari ini menandai 20 tahun jasaku di jasa ambulans. Aku mungkin berubah sedikit," tulisnya.



(ami/ami)