Viral Pria Tinggalkan Pekerjaan Bergaji Rp 541 Juta Sebulan karena Bosan

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Sabtu, 04 Jun 2022 10:00 WIB
A man analysis business document with laptop computer counting with cost and writing make note at office, Business financial concept Ilustrasi orang kerja. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natee Meepian
Jakarta -

Semua karyawan tentu ingin digaji dengan harga tinggi oleh perusahaan tempatnya bekerja. Tapi karyawan yang satu ini justru bosan.

Michael Lin bekerja sebagai programmer senior di platform streaming film online, Netflix, dengan gaji sekitar Rp 541 juta sebulan. Gaji yang besar ternyata tak membuatnya bertahan lama di Netflix. Ia memutuskan resign setelah hampir empat tahun bekerja.

Bosan jadi alasan utama Michael Lin memilih hengkang dari perusahaan penyedia film terbesar itu. Dia mengaku tidak menyesal telah meninggalkan pekerjaan yang mungkin diidam-idamkan banyak orang itu.

"Saya pikir saya akan kerja di Netflix untuk selamanya. Saya menghasilkan USD 450 ribu (sekitar Rp 6,4 miliar) setahun, dapat makanan gratis setiap hari dan jatah cuti tak terbatas," tuturnya seperti dikutip dari Nextshark.

Empat tahun kemudian, Michael Lin mengajukan surat resign ke atasannya. Keputusan itu jelas ditentang kedua orangtuanya dan mereka menyebut dirinya sudah menyia-nyiakan kerja keras mereka yang berimigrasi ke Amerika Serikat.

Tak hanya orangtua, para kolega hingga atasan Michael Lin pun membujuknya agar memikirkan niatnya itu lebih matang lagi. Terlebih lagi, saat itu dia belum melamar di tempat lain. Tapi tekadnya untuk keluar dari perusahaan sudah bulat.

Michael Lin mengaku sudah bosan bekerja di Netflix karena rutinitas yang itui-tu saja. Awalnya dia sangat bersemangat karena belajar banyak hal baru di sana. Namun setelah dua tahun, pekerjaannya jadi terasa monoton.

"Proyek dan rapat disatukan bersama, dan jadi tidak terlalu bervariasi. Pekerjaan di bidang IT mulai terasa seperti salin dan tempel saja," ujarnya.

Pandemi COVID-19 semakin memperparah kondisi. Harus WFH telah menghilangkan hal-hal yang membuatnya nyaman dan menikmati saat kerja di kantor sehingga hanya pekerjaan utama saja yang dia kerjakan.

"Saat mulai kerja di Netflix, saya menghasilkan uang dan juga mempelajari banyak hal. Tapi sekarang, yang saya lakukan hanya mendapatkan uang tanpa jenjang karier," keluhnya.

Rasa bosan pun semakin menjadi hingga menurunkan motivasinya untuk kerja, dan akhirnya membuat performa kinerjanya juga terpengaruh. Michael Lin pun mendapat penilaian negatif dari atasan pada April 2021.

Dua minggu setelah hasil penilaiannya keluar, Michael Lin memutuskan untuk resign. Setelah berhenti kerja ia mengklaim jadi merasa jauh lebih tenang.

"Sudah delapan bulan sejak saya berhenti kerja dari Netflix, dan saya memutuskan bekerja penuh untuk diri sendiri," pungkas Michael Lin yang mengaku saat ini belum punya sumber penghasilan tetap.



Simak Video "Perasaan Campur Aduk Yoo Ah In Atas Popularitas 'Hellbound'"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)