ADVERTISEMENT

Cara Mengirim CV ke Perusahaan yang Tidak Buka Lowongan Kerja, Ada Etikanya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 03 Jun 2022 17:30 WIB
The model has the looks for Japanese, Chinese, Thai or Taiwanese people. Foto: Getty Images/iStockphoto/tun723
Jakarta -

Banyak orang susah mendapatkan pekerjaan bahkan menemukan lowongannya. Tapi sebenarnya kamu tak harus menunggu perusahaan membuka posisi, mentor karier mengatakan jika boleh saja langsung mengirim CV. Asal tahu caranya yang sopan dan profesional, dengan cara itu bukan tidak mungkin kamu diterima kerja dalam waktu lebih cepat.

Kamu mungkin sudah menyiapkan CV tapi belum menemukan lowongan yang buka posisi sesuai pendidikan atau pengalaman. Mentor karier Iestri Kusumah yang pernah bekerja sebagai HRD mengatakan jika mengirimnya ke perusahaan tanpa ada lowongan dipersilahkan. Iestri pun memberikan sarannya bagaimana CV kamu bisa dilirik dan akhirnya diterima kerja. Berikut tips dan etikanya.

1. Waktu Mengirim CV
Iestri Kusumah mengatakan jika mengirim CV, Cover Letter, atau portfolio kepada perusahaan yang tidak buka lowongan wajar dilakukan. Tapi mentor karier dan psikologi itu menyarankan agar kamu memperhatikan intensitasnnya. Jangan mengiriminya berturut-turut atau setiap hari.

"Kalian boleh banget kirim di jam-jam HRD bakal baca email atau CV dari kandidat, misalnya pukul 8-10 pagi atau 3-5 sore," katanya dalam acara Kulwap yang diadakan Wolipop bertema 'Karier Melejit Biar Gak Perlu Irit'. "Seminggu 3 kali tiap jangan tiap hari," tambah Iestri.

2. Tulis Ini di Body Email
Dikatakan jika kamu bisa mengirim CV, surat lamaran, atau portfolio seperti biasa. Tapi untuk perusahaan yang tidak sedang buka lowongan kerja, kamu bisa menyesuaikan tulisan di body email. Informasikan bahwa kamu bermaksud untuk melamar untuk posisi tertentu. Bisa ditulis, 'Sekiranya di perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan posisi (...), berikut saya lampirkan CV dan portfolio saya,'

3. Kirim CV Lewat LinkedIn
Selain lewat email, kamu juga bisa mengirim CV ke perusahaan yang tidak buka lowongan lewat LinkedIn. Iestri mengatakan kamu dapat menghubungi mereka yang menjabat sebagai HRD atau manajer lewat DM. Iestri menyarankan agar kamu mendekati orang tersebut dengan sopan.

"Boleh DM, 'Bolehkah saya memberikan cv dan portfolio'. Bisa diawali perkenalkan, tujuan, penutup, misalnya 'Selamat pagi, saya lulusan universitas ..., tujuan saya kirim CV untuk Ibu review. Kalau membutuhkan posisi ... bisa hubungi saya' lalu salam penutup. Sampaikan, 'Semoga bisa berkoneksi dengan baik'" kata Iestri.

(ami/ami)