Daftar Pekerjaan yang Rentan Bikin Kulit Jerawatan, Ada Profesi Kamu?

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 02 Jun 2022 08:09 WIB
Sitting At A Desk And Working With Her Laptop Computer In The Office Foto: iStock
Jakarta -

Masalah kulit tak jarang dipengaruhi berbagai faktor di sekitar kamu, termasuk pekerjaan. Pakar skincare mengatakan jika beberapa profesi memang lebih rentan terkena masalah kulit. Karena itu, penting untuk menyeimbanginya dengan perawatan dan pengaturan pola makan yang sehat.

Baru-baru ini sebuah riset yang dilakukan oleh perusahaan kosmetik Beauty Pie mengungkap hubungan pekerjaan dengan kesehatan kulit. Studi ini menunjukkan jika ada profesi yang membuat kulit bermasalah tapi ada juga yang justru mendukungnya semakin sehat. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan mempengaruhi gaya hidup, misalnya jadwal tidur, pemilihan makanan, dan intensitas olahraga.

Riset pun menunjukkan sejumlah bidang profesi yang pekerjanya rentan berjerawat atau mengalami problema kulit lainnya. Mereka yang bekerja di industri ini sering mendapati kulit kering, berjerawat, dan kusam. Ada 18 hal yang jadi penyebabnya, di antarannya sering bepergian, bekerja shift, kantor ber-AC, polusi, kurangnya sirkulasi, dan lain-lain.

Berikut daftarnya:
1. Sains dan farmasi
2. Konstruksi
3. Energi
4. Jasa dan turisme
5. Finansial dan bank
6. Bisnis secara umum

Dalam penelitian yang melibatkan 3 ribu orang dalam berbagai industri tersebut terungkap jika stres juga berperan dalam menimbulkan jerawat dan meningkatkan produksi minyak. Hal itu lah yang menjadi penyebab utama masalah kulit orang-orang yang bekerja di bidang sains, obat-obatan, juga bisnis.

Sedangkan mereka yang bekerja di bidang konstruksi, energi, atau jasa umumnya sering terpapar sinar matahari yang lama-lama bisa merusak kulit. Polusi juga sering menyebabkan stres kulit karena melemahkan skin barrier dan meningkatkan inflamasi. Karenanya, penting untuk memakai sunscreen dan pelindung wajah untuk menghindari penuaan diri.

Lebih sering bekerja di dalam ruangan pun tak luput dari faktor yang membuat kulit bermasalah. Karena kurang paparan sinar matahari, orang-orang kantoran kerap kekurangan vitamin D sehingga kulit kering dan gatal.

Meski begitu, studi juga mengungkap sejumlah pekerjaan yang justru membuat kulit jadi lebih 'glowing'. Dalam industri ini, ditemukan lebih banyak orang dengan kulit sehat karena didukung gaya hidup yang lebih seimbang.
1. Olahraga dan wisata
2. Edukasi
3. Hukum
4. Teknik mesin
5. Transportasi

(ami/ami)