TikTok Viral Verificator

Viral Hijabers Bisnis Dekor Lamaran, Angkut Perlengkapan Sendiri Pakai Motor

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 17 Mei 2022 18:30 WIB
Wanita yang membuka bisnis jasa dekorasi @asihmawarda. Foto Asih yang membawa perlengkapan dekorasi. Foto: Dok. TikTok @mawarda84.
Cilacap -

Wanita berhijab ini videonya menuai simpati netizen. Dia sehari-harinya bekerja membuat dekorasi acara lamaran. Bekerja sendirian dan berpergian dengan motor, netizen salut akan perjuangannya. Bagaimana kisahnya?

Hijabers yang viral itu mengunggah video yang memperlihatkan momen ketika dirinya siap-siap berangkat ke rumah klien yang menggunakan jasa dekorasi miliknya. Ia mengangkut semua backdrop atau peralatan dekorasi lamaran seorang diri dengan memakai sepeda motor.

Mulai dari kursi kayu, kain untuk latar belakang, kain tile, bunga plastik dan bunga segar, semuanya dibawanya dengan motor. Ia menempuh perjalanan sekitar 12 km selama 22 menit dari rumahnya menuju rumah klien.

Ketika sudah sampai rumah klien, ia menata dekorasi seorang diri. Mulai dari memasang tiang backdrop, kain hingga hiasan bunga untuk acara lamaran. Ia merekam kegiatannya tersebut di akun TikTok @mawarda84.

"Berangkat pasang dekorasi lamaran sendiri #fypシ #fyp #dekorasilamaran," tulis akun TikTok @mawarda84.

Wanita yang membuka bisnis jasa dekorasi @asihmawarda.Wanita yang membuka bisnis jasa dekorasi @asihmawarda. Foto: Dok. TikTok @mawarda84.

Video hijabers tersebut sudah ditonton lebih dari 3,9 juta Views dan langsung viral di media sosial. Warganet memuji dan kagum dengan kerja keras akun TikTok @mawarda84.

"SubhanAllah semoga selalu berkah kak," ucap akun @Khusnul Azizah.

"Sumpah keren lu mba 😂😂 gue aja yang suka pasang backdrop sendirian suka pegel pinggang apalagi fresh flower haduhh pokonya gua kadang nyerah tapi ya," ucap akun @Ridwan MUA.

"Salut sama Perempuan kayak gini.. 🥰🥰Cantikk,, kuat & mandiri sehat selalu kakak," kata akun @Black_Druga88.

"Wow keren banget mbaaak, 😳 aku masih sewa mobil, nggak bisa bawa sendiri, jadi biayanya agak lumayan, kalo bisa bawa sendiri gini kan murah," takjub akun @Sugiharti481.

"Memang semua perempuan itu HEBAT YAH!" kagum akun @IWAKE UP.

"Semangat bestie kesuksesan sudah di depan mata🥰," kagum @Rahma Nura

"Doaku untuk mu mba, semakin dilancarkan rejekinya hingga bisa beli mobil sendiri, dan usaha dekornya semakin besar..aamiinn," doa akun @AngelCry792.

"Mbak semoga lelahmu menjadi hal baik untuk kedepannya!! AAMIIN !!! SEMANGAT TERUS YA MBAK !! Biar ini jadi history di dalam suksesmu nanti 🙏🏻🥰🤍😇," kagum akun @Max_.

@mawarda84 Berangkat pasang dekorasi lamaran sendiri #fypシ #fyp #dekorasilamaran ♬ DJ SUDAH TAK CINTA - 96 RECORD

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Asih Kusuma Wardani, sebagai pemilik akun TikTok @mawarda84. Asih menceritakan awal mula tertarik pada bisnis jasa dekorasi karena pengalamannya sendiri.

"Usaha aku udah berjalan dua tahun sejak aku tunangan dengan suami aku. Awalnya aku kumpulin bunga untuk acara lamaran aku, nah pas aku upload fotonya temen-temen aku mulai tertarik dan sewa dekorasi aku, sejak itu aku tambahin properti dan semakin banyak yang sewa," ungkap Asih kepada Wolipop lewat WhatsApp, Selasa (17/5/2022).

Anak sulung dari tiga orang bersaudara ini mengungkapkan semua peralatan dekorasi disusun rapi agar bisa dibawa dengan menggunakan sepeda motor. "Kesulitan ya karena masih pakai motor, jadi sebagian kadang ada yang juga karena aku selip-selipin biar muat di motor," tuturnya.

Asih merupakan lulusan SMK jurusan akuntansi. Saat ini dia menjalani pernikahan jarak jauh dengan suami. Ibu dan suaminya bekerja di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Reaksi keluarga atau suami gimana yaa, mereka senang tapi di lain sisi bebasin aku, kalau sanggup ya diterima kalau capek aku istirahat nggak terima orderan. Karena mereka jauh, ibu di Hongkong dan suami di Jepang. Aku menjaga dua adikku di rumah," kata Asih.

Foto Asih Kusuma Wardan.Foto Asih Kusuma Wardan. Foto: Dok. Instagram @asihmawarda.

Wanita yang tinggal di Cilacap, Jawa Tengah ini melayani jasa dekorasi lamaran dan akad nikah di akun Instagram @asihmawarda. Ia juga memperlihatkan hasil dekorasinya di Youtube Asih Mawarda. Selain dekorasi, ia juga membuat dan menjual kue ulang tahun.

Video TikTok Asih viral di media sosial, dia membaca beberapa komentar di TikTok banyak yang sudah usaha dekorasi tapi karena kurang yakin jadi banyak yang mundur. Asih pun memberikan sarannya.

"Aku percaya mau seberapa sulit usaha kalau yakin bakalan bisa pasti berjalan. Aku dulu juga yang pesan cuma teman dekat. Lama-lama satu dua tau dari media sosial,' lanjut Asih.

Ia pun mencoba konsisten dengan meneruskan bisnis dekorasinya. "Yang pasti semangat, seberapa kecil usahamu, yakin dan jalankan. Suatu saat pasti bakalan besar. Semua orang butuh proses," pungkasnya.

Wanita yang membuka bisnis jasa dekorasi @asihmawarda.Wanita yang membuka bisnis jasa dekorasi @asihmawarda. Foto: Dok. TikTok @mawarda84.
(gaf/eny)