Kisah Shireen Abu Akleh Jurnalis Pemberani yang Tewas Tertembak Israel

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 12 Mei 2022 14:15 WIB
Shireen Abu Akleh, Jurnalis Palestina yang Tewas Tertembak. Foto: AP/Majdi Mohammed Shireen Abu Akleh, Jurnalis Palestina yang Tewas Tertembak. Foto: AP/Majdi Mohammed
Jakarta -

Shireen Abu Akleh, seorang jurnalis Palestina-Amerika untuk stasiun televisi berita Al Jazeera tewas tertembak Israel. Wanita tersebut meninggal ketika sedang meliput operasi militer Israel di wilayah Tepi Barat pada Rabu, 11 Mei 2022. Setelah kematian Shireen Abu, Israel dan Palestina kini saling tuduh soal siapa pelaku penembakan sebenarnya.

Shireen Abu Akleh Tewas Ditembak
Shireen Abu sedang meliput operasi militer di kamp pengungsi di Kota Jenin yang menjadi bagian dari wilayah Tepi Barat ketika tewas di usia 51 tahun. Menteri Kesehatan Palestina mengatakan ia ditembak di kepala oleh peluru dan meninggal tak lama kemudian. Bukan hanya Shireen, produser yang bekerja dengannya juga tertembak di punggung dan terluka tapi selamat dan kini kondisinya stabil. Ketika itu, mereka mengenakan rompi pers.

Shireen Abu Akleh adalah seorang jurnalis Al Jazeera yang tewas ditembak oleh pasukan Israel. Akleh tewas saat sedang meliput serangan Israel di Tepi Barat.Shireen Abu Akleh, jurnalis Palestina yang tewas tertembak. Foto: Al Jazeera

Palestina dan Israel Saling Tuduh
Situasi ketika penembakan terjadi memang tidak terlalu jelas. Saksi mata mengatakan jika jurnalis tersebut ditembak oleh pasukan Israel dan tidak ada militan Palestina ada di sekitarnya. Rekan Shireen Abu Akleh pun memberi kesaksian jika pers sempat menjadi target mereka. Tapi Israel tidak ingin disalahkan atas kematian Shireen.

"Karena bagian dari aktivitas di kamp pengungsi Jenin, para tersangka menghujani tembakan dan melempar bom. Pasukan (kami) meresponnya dengan tembakan. Ada yang tertembak. Kemungkinan jurnalis itu tertembak, kemungkin karena tembakan orang Palestina, sekarang sedang diinvestigasi," kata perwakilan Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Selanjutnya
Halaman
1 2