Lebaran yang Penuh Ujian dan Berkat Bagi Anne Avantie di Restorannya

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 10 Mei 2022 17:31 WIB
Restoran DKamboja Anne Avantie Anne Avantie berfoto bersama staf restorannya, D'Kamboja, di Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Anne Avantie)
Semarang -

Hari-hari di restoran D'Kamboja milik desainer Anne Avantie saat libur Lebaran terasa sibuk dari biasanya. Para tamu tiada henti datang bergantian, sampai-sampai harus diberlakukan sistem buka-tutup demi mengurangi kepadatan di dalam restoran.

Pada Kamis (5/5/2022), restoran yang berada di dalam kompleks Museum Perjuangan Mandala Bhakti, Semarang, Jawa Tengah, itu buka pukul 09.00 WIB. Namun menjelang pukul 10.00, pengunjung sudah mulai ramai dan antrean panjang pun terlihat di depan pintu.

Restoran D'Kamboja Anne AvantieSuasana restoran D'Kamboja milik Anne Avantie di Semarang pada Kamis (5/5/2022). (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Wolipop saat itu datang atas undangan Bunda, demikian Anna Avantie akrab disapa. Bunda baru mengundang sehari sebelumnya saat mengetahui kami berada di Semarang. Mulanya, pertemuan dijadwalkan pukul 09.00 tapi mundur hampir dua jam karena perempuan asli Semarang ini belum kembali dari pasar. Sesampai dari pasar, ia masih harus mengecek sana-sini di restorannya.

"Setiap hari Bunda ke pasar buat beli kebutuhan di restoran," ujar Bunda Anne setelah menyapa kami di meja. Namun, pertemuan tersebut berlangsung singkat karena ia harus kembali melayani para tamu. "Ada tamu yang komplain tunggu kelamaan," katanya.

Meski berstatus pemilik dan pendiri, perempuan 67 tahun itu tetap turun tangan secara langsung mengurusi restoran khas makanan tradisional Indonesia yang didirikannya saat awal pandemi dua tahun lalu itu. Ia bahkan tak sungkan untuk membantu stafnya memanggil dan menyambut tamu yang menunggu sesuai waiting-list.

Restoran D'Kamboja Anne Avantie(Foto: Dok. Anne Avantie)

Dari pintu depan, ia lalu beralih ke bagian belakang di mana pengunjung memilih makanan yang tersaji secara prasmanan untuk memastikan ketersediaan menu.

Di tengah kesibukannya itu, Bunda Anne masih sempat meladeni permintaan para tamu yang ingin berfoto bersama. Banyak di antara mereka adalah pemudik dari luar Semarang yang kebetulan juga mengidolakan perancang kondang tersebut. "Bunda, saya datang dari Ternate lho," terdengar seorang wanita paruh baya saat meminta foto bersama Anne.

Bahkan saat waktunya mulai lowong, ia tetap memanfaatkannya untuk mengobrol bersama para tamunya dari meja ke meja.

Sebuah unggahan di Instagram-nya memperlihatkan perancang yang terkenal dengan kebaya modifikasinya ini membagi-bagikan kipas kepada tamu. Ada pula momen ia berjoget ala 'Goyang Maumere' bersama pengujung untuk mencairkan suasana setelah mereka lama menunggu.

[Gambas:Instagram]



"Bukan hanya pak polisi yang mengamankan pemudik di jalan raya, saya pun mengamankan pengunjung agar tetap mendapat stamina dan hati yang stabil," ujar Anne Avantie lewat aplikasi Whatsapp, Senin (9/5/2022), melanjutkan perbincangan yang tertunda.

Aturan mudik yang dilonggarkan membuat orang-orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman, termasuk Semarang dan kota sekitarnya. Imbasnya, pusat jajanan dan oleh-oleh penuh, termasuk D'Kamboja. Namun, jika tak diimbangi dengan manajemen yang kuat, bisa berujung bencana karena pelayanan yang diberikan buruk.

Anne Avantie menyadari hal tersebut. Perancang yang masih aktif membuat pakaian ini tak memungkiri bahwa masih ada kekurangan sana-sini dan menjadikannya sebagai pembelajaran.

"Selama libur Lebaran itu, benar-benar setiap hari yang penuh berkat dan ujian. Pasti orang yang diuji akan diberkati, begitu pula sebaliknya. Sungguh sebuah ujian bagaimana saya mengolah anugerah ini," tambahnya.

D'Kamboja tetap buka saat Lebaran hari pertama. Namun Anne Avantie menegaskan, bahwa meraup omzet sebanyak-banyaknya bukan tujuan utama. "D'Kamboja tidak semata-mata jualan, tapi pengunjung bisa pulang membawa cerita yang inspiratif. Di situlah adanya sebuah transformasi dari sebuah pelayanan yang mengutamakan inspirasi dan cinta," tuturnya.



Simak Video "Anne Avantie Putuskan Pensiun Bikin Kebaya untuk Puteri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)