Viral Mahasiswi Bawa Poster Bernada Seksis di Demo 11 April, Jadi Kontroversi

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 12 Apr 2022 17:45 WIB
Poster demo 11 April Foto: Twitter
Jakarta -

Demo 11 April dilakukan mahasiswa lintas kampus untuk menolak wacana penundaan pemilu. BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia) juga menentang perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo tiga periode selain beberapa tuntutan lain terkait naiknya harga bahan pokok. Bertujuan baik, sayangnya beberapa aspirasi mereka jadi kontroversi karena dianggap seksis.

Mahasiswa dari berbagai kampus kemarin turun ke jalan untuk menyampaikan tuntutan mereka. Seperti kebanyakan demonstrasi, mereka membawa poster bertuliskan aspirasi yang ingin dilontarkan. Beberapa menarik perhatian dan jadi viral karena menganalogikan berbagai protes dengan sesuatu yang berbau seksual.

Para mahasiswa terlihat membawa poster bertuliskan, 'Daripada BBM naik, mending ayang yang naik', Lebih baik bercinta 3 ronde daripada harus 3 periode, hingga 'Stop peras duit rakyat, sesekali peras adek dong pak'.

Bisa dipahami bahwa mereka sengaja menulisnya untuk menyindir pemerintah sekaligus menarik perhatian lewat humor. Tapi sayangnya banyak orang justru menganggap tulisan-tulisan itu seksis dan mengandung makna negatif.

Poster-poster Demo 11 April itu pun sontak jadi perbincangan netizen di media sosial yang kebanyakan menganggapnya memalukan. Tulisan bernada seksual tersebut juga dinilai kurang pantas karena menormalisasi seksisme bahkan merendahkan ketika dibawakan oleh para mahasiswi.

Mendapat hujatan, salah satu demonstran yang membuat poster itu memberi penjelasan di media sosialnya. Mahasiswi tersebut mengaku memilih kata 'ronde' karena berasonansi dengan 'periode'. Ia mengakui jika tulisan di posternya sedikit tabu dan bisa saja terdengar asing untuk orang-orang yang bukan anak sastra.



"Ditambah teman-teman yang selain atau bukan anak bahasa atau sastra mungkin akan sulit mengerti mengapa saya menggunakan kata tersebut (yaitu balik lagi karena ingin menyuguhkan asonansi di dalamnya)," tulis @_nisaalyas.

[Gambas:Instagram]




(ami/ami)