ADVERTISEMENT

Miliuner Ungkap 5 Langkahnya Bikin Uang Rp 32 Ribu Menjadi Rp 12 M

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 01 Apr 2022 18:15 WIB
Ilustrasi pebisnis Foto: Shutterstock
Jakarta -

Seorang pria bernama Grant mengungkap kisah suksesnya. Meski setiap orang punya perjalanan masing-masing dalam meraih mimpi meerka, ia membagi caranya jadi miliuner dalam lima tahun untuk bisa jadi inspirasi. Pebisnis 31 tahun itu mengungkap ada lima cara yang bisa dilakukan untuk jadi kaya. Ia pun memberikan tips membuat uang $2.26 (Rp 32 ribuan) jadi $1 juta (Rp 12 miliaran) dari pengalamannya selama lima tahun.

"Aku tidak bisa menjamin kamu akan mendapatkan hasil yang sama tapi jika kamu mengikuti bahkan beberapa langkah, kamu akan lebih baik dalam finansial dari pada hari ini," katanya penulis blog Millinnial Money yang berprofesi sebagai pembuat website tersebut.

1. Dibayar Sesuai dengan Nilaimu
Menjadi kaya dimulai dengan memastikan kamu mendapatkan penghasilan yang sesuai. Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan penghasilan menurut Grant adalah meminta naik gaji. Jika kamu merasa pekerjaan terlalu berat untuk gaji yang diterima setiap bulan, ada baiknya segera minta disesuaikan. Selain bisa menambah pendapatan, penting untuk memastikan orang-orang tahu bahwa kamu 'bernilai'.

"Tidak sakit untuk meminta. Banyak orang yang takut orang akan mengatakan tidak jadi mereka menurunkan nilai mereka sendiri dan mereka menurunkan nilai jasa mereka," katanya kepada CNBC.

2. Tabungkan Banyak Uang Tapi Buat Uang Bekerja
Penting untuk punya banyak penghasilan dan menabung. Tapi jika bisa jangan biarkan uang tersebut hanya diam di rekening. Kamu bisa mengalihkan sebagian menjadi deposito. Jika bisa putarkan uang untuk bisnis, paling tidak usaha sampingan yang bisa mengembangkan penghasilan.

3. Kembangkan Berbagai Penghasilan
Setelah memaksimalkan penghasilan dan menabungkan banyak uang, model tersebut bisa digunakan untuk membuat 'passive income'. Saran Grant adalah ketika kamu berbisnis atau punya uang tambahan, investasikan 100% uang tersebut.

"Jika tujuanmu adalah untuk membangun kekayaan kamu perlu menguasai penghasilan sampingan dan membuat uang selain pekerjaan utama. Ini bisa menjadi apa saja, misalnya menjadi supir Uber, jadi konsultan, atau membangun website," katanya.

"Sekali kamu mendapat pekerjaan sampingan yang bagus, kamu akan tergoda untuk menghabiskan uang untuk kehidupan keseharian selagi uang dalam rekeningmu bertambah tapi aku sangat merekomendasikan pekerjaan sampingan sebagai kunci dari membangun kekayaan (dalam jangka panjang) dari pada hanya jadi kaya hari ini," ujar Grant.

4. Investasi Pada Hal yang Kamu Tahu
Sangat direkomendasikan untuk berinvestasi. Tapi pastikan kamu tahu benar mengenai investasi tersebut dan keamanannya. Kamu bisa mulai dari perusahaan-perusahaan besar yang digunakan sehari-hari. "Cari produk yang kamu gunakan dan konsumsi setiap hari lalu riset fundamental dari perusahaan itu jadi kamu bisa belajar mengenai potensi investasinya," kata Grant.

5. Monitor Kekayaan
Jangan lupa untuk memonitor seberapa banyak uang kamu dan seberapa jauh kamu bisa memutarnya untuk jadi lebih berkembang. Selagi menganalisa, hal itu juga dapat dijadikan motivasi.

"Aku melihat kekayaan bersihku setiap hari ketika bangun tidur dan minum kopi di pagi hari. Ada beberapa motivasi dari pada melihat angka itu naik seiring waktu. Tak peduli di mana kamu memulai. Aku sudah melacak kekayaan bersihku selama lima tahun dan saldo pertamaku adalah $2,26 atau Rp 32 ribuan," ungkap Grant yang kini punya kekayaan $1 juta (Rp 12 miliaran).

(ami/ami)