Kisah Pilot Wanita Dipecat Setelah Diplonco, Kini Ikut Perang Lawan Rusia

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 26 Mar 2022 17:30 WIB
giulia schiff Foto: Instagram @giuliajschiff
Jakarta -

Beberapa tahun lalu seorang pilot mengungkap kisahnya yang dipecat dari Angkatan Udara Italia. Wanita bernama Giulia Schiff tersebut mengaku dikeluarkan sepihak justru setelah ia mengadukan perpeloncoan dan penindasan brutal yang dilakukan rekan-rekan. Kini Giulia memanfaatkan kemampuannya untuk membantu Ukraina melawan Rusia.

Giulia Schiff dua tahun lalu melaporkan delapan sersan ke pengadilan karena membenturkan kepalanya ke sayap pesawat. Mereka juga dikatakan mencambuk Giulia sebelum melemparkannya ke kolam renang sebagai ritual perpeloncoan. Setelah memperkarakan, wanita 23 tahun itu malah dipecat tapi dengan alasan 'kemampuan militer yang tidak cukup'.

giulia schiffgiulia schiff Foto: Instagram @giuliajschiff

Kasus pemecatan Giulia yang dianggap tidak adil tersebut sempat dibawa ke pengadilan administratif tertinggi Italia tapi sayangnya ia kalah. Dilansir acara televisi Le Iene, kini Giulia memutuskan untuk bergabung dengan pasukan Ukraina untuk melawan invasi Rusia.

Giulia sendiri dikatakan sudah berada di Kyiv, Ukraina sejak awal perang. Aktivitasnya disebut sedang difilmkan sebagai dokumenter mini untuk sebuah program berita. Sumber mengatakan jika Giulia tidak berniat untuk berhenti berjuang meski pernah dipecat dari angkatan udara.

giulia schiffgiulia schiff Foto: Instagram @giuliajschiff

Berita Giulia sempat menghebohkan terlebih video perploncoannya yang tersebar. Dilansir Corriere della Sera, ketika itu Giulia baru masuk sebagai kadet sebelum diplonco secara brutal tiga bulan kemudian. Meski ada bukti, akademi militer saat itu mengatakan Giulia dilempar ke kolam adalah salah satu bentuk latihan.

Giulia sendiri mengatakan bahwa ia dijadikan 'kambing hitam' setelah mengadukan soal ritual perpeloncoan tersebut. Setelahnya, ia dituduh bersikap kurang disiplin, kurang patuh, dan kurang mengorbankan hal-hal yang harus dilakukan dalam karier militer.

(ami/ami)