Curhat Sedih Para Model Ukraina, Nangis karena Terdampar Setelah Fashion Week

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 03 Mar 2022 17:40 WIB
model ukraina Foto: Instagram Anna
Jakarta -

Invasi Rusia tak hanya membahayakan masyarakat yang ada di Ukraina. Orang-orang yang sedang berada di luar negeri juga terkena imbas. Sejumlah model, desainer, dan editor yang meninggalkan kampung halaman untuk Milan Fashion Week jadi tak bisa pulang. Setelah menyelesaikan pekerjaan mereka, para pekerja fashion harus terdampar di negara orang karena negara mereka sendiri sedang berperang.

Banyak pekerja fashion Ukraina yang berharap menikmati seminggu yang glamour di Milan Fashion Week. Sayangnya kunjungan mereka tampaknya harus diperpanjang karena situasi di negara asal. Beberapa berusaha untuk kembali ke keluarga, sebagian lain memilih untuk pergi ke Polandia dengan harapan bisa reuni dengan orang-orang terdekat di perbatasan.

[Gambas:Instagram]



Salah satu model Ukraina yang kesulitan pulang setelah bekerja untuk fashion week adalah Kristy Ponomar. Wanita 21 tahun yang baru saja berjalan untuk fashion show Prada mengaku bahwa momen tersebut adalah panggung peragaan tersulit dalam hidupnya.

Dalam postingannya di Instagram, Kristy sambil menangis mengutuk Presiden Vladimir Putin. Kristy juga menunjukkan wilayah rumahnya dihujani bom dan bagaimana keluarganya mengungsi untuk mencari keamanan. "Aku ingin pulang dan aman. Aku baru saja bekerja untuk Prada dan itu show tersulit dalam hidupku. Aku berjalan untuk Ukrainaku. Terima kasih tim Prada yang sudah mendukungku," ungkapnya.

model ukrainamodel ukraina Foto: Instagram Kateryna Zub



Selain Kristy, model Ukraina lain yang juga kesulitan pulang setelah fashion week adalah Kateryna Zub. Ia juga terdampar di Eropa Barat karena tidak bisa kembali ke rumah bahkan tidak bisa menghubungi keluarga. Model yang berjalan untuk Hermes, Gucci, dan Dolce & Gabbana itu mengaku menangis saat tahu situasi negara.

"Aku menangis keras bahkan tidak bisa melakukan casting, itu sangat mengerikan, itu adalah mimpi buruk. Aku tidak percaya itu terjadi di negaraku. Aku menelepon orang tuaku dan mereka mencoba mengatakan bahwa semua baik-baik saja tapi aku bisa mendengar suara tembakan.

Bisa kamu bayangkan? Itu sudah terlambat. Mereka tidak bisa pergi ke mana-mana. Rusia sudah di mana-mana. Tank di mana-mana. Ini lebih buruk dari yang aku lihat di film," katanya kepada Evening Standard.

model ukrainamodel ukraina Foto: Instagram

Tak hanya model, stylist Anna Mazzhyk dari Ukraina yang berpartisipasi di fashion week juga menangis karena kondisi negara. Seperti yang lain, ia harus mendengar kabar buruk sebelum bekerja. "Aku menangis sebelum acara pertama karena itu sangat sulit bagiku. Kami semua memakai kacamata untuk menutupi mata yang bengkak," ungkap Anna kepada AFP.

[Gambas:Instagram]



(ami/ami)