5 Hal yang Identik dengan Perayaan Imlek: Angpau hingga Baju Cheongsam

Nada Zeitalini Arani - wolipop Sabtu, 29 Jan 2022 08:06 WIB
Baju Cheongsam Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Tak terasa Tahun Baru Imlek hampir tiba. Momen yang sering dinanti oleh masyarakat keturunan Tionghoa ini memang merupakan hari yang spesial. Layaknya momen spesial lain, Imlek juga identik dengan perayaan dan tradisi tertentu. Bahkan, beberapa hal seringkali identik dengan perayaan Imlek.

Imlek merupakan perayaan Tahun Baru China yang biasa dimeriahkan dengan pernak-pernik berwarna merah salah satunya lampion. Warna merah pada perayaan Imlek sendiri punya makna keberuntungan dan keberanian berdasarkan feng shui.

Tak hanya itu, dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 hal yang identik dalam perayaan Imlek.

1. Angpau

Angpau dalam momen Imlek merupakan hadiah amplop merah yang diberikan kepada anak-anak. Amplop merah khas Tionghoa yang disebut angpau ini berisikan uang. Biasanya angpau menjadi tradisi yang diberikan orang tua kepada anaknya, paman atau bibi kepada keponakan-keponakan, hingga bos kepada karyawannya.

2. Kembang Api

Perayaan Imlek dikenal dengan kemeriahan penuh suka cita. Hal identik selanjutnya pada momen Imlek adalah kembang api. Berdasarkan mitos dan budaya Imlek, kembang api dahulu kala ditujukan untuk menakuti monster dan nasib buruk.

Pada malam tahun baru Imlek, orang-orang akan terjaga dan menyalakan kembang api di tengah malam. Saat pagi hari kembang api kembali dinyalakan sebagai bentuk suka cita menyambut tahun baru. Budaya ini dibawa hingga kini menjadi tradisi dalam perayaan Imlek.

3. Barongsai

Barongsai menjadi salah satu ikon yang melekat dengan perayaan Imlek. Tak jarang tempat-tempat wisata dan pusat perbelanjaan menampilkan atraksi barongsai saat Imlek tiba.

Zaman dahulu, barongsai atau yang dikenal dengan 'Nian' ini ternyata adalah binatang buas yang menyerang manusia dan memakan anak-anak. Nian juga kerap datang saat malam tahun baru. Inilah yang membuat nian atau barongsai jadi tradisi Imlek hingga kini.

4. Dumplings

Dumpling atau pangsit menjadi kuliner yang identik dengan Tahun Baru Imlek. Sejak dahulu pangsit atau dumplings menjadi makanan yang disajikan sebagai menu makanan malam tahun baru.

Makanan ini disajikan dengan dikukus atau direbus, yang merupakan lumpia dengan isian daging dan sayur. Hingga saat ini, budaya Tionghoa kerap menyajikan dumplings atau pangsit sebagai suguhan momen Imlek.

5. Baju Cheongsam

Ingat baju cheongsam khas budaya Tionghoa yang kerap jadi outfit saat Imlek? Cheongsam ternyata memiliki arti baju/baju panjang. Ini menjadi baju yang digunakan pada masa dinasti Qing dan menjadi pakaian formal selama tahun 1990-an.

Bukan tanpa arti, ternyata bentuk baju cheongsam punya makna tersendiri, lho! Potongan kerah samping melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Panjang cheongsam juga mewakili status, karena pakaian yang lebih panjang tidak cocok untuk pekerjaan fisik. Di era Republik, itu adalah pakaian para sarjana terpelajar.

Perhiasan Frank & co.Foto: Frank & co.

Selain 5 hal tersebut, Imlek juga identik dengan kumpul keluarga. Bagi kamu yang merayakan Imlek, tentunya kamu perlu memperhatikan penampilan. Agar penampilan kamu makin menarik, kamu bisa pilih koleksi perhiasan emas premium, dari lini terbarunya Frank & Co. yaitu Frank Gold. Memiliki desain yang elegan, cantik dan unik khas Italia, Frank Gold juga dibuat dengan teknologi tinggi dan berkualitas dari Italia.

Frank Gold menghadirkan Grande Ring Collection yang terlihat simple tapi tetap trendy, sehingga pas untuk kamu yang ingin tampil menawan di perayaan Tahun Baru Imlek. Tak hanya untuk hari besar saja, cincin emas ini juga bisa dikenakan sebagai pelengkap gaya sehari-hari, lho.

Yuk lengkapi fashion mu pada perayaan Imlek nanti dengan perhiasan dari Frank & Co yang bikin makin keren dan trendy!



Simak Video "Kreasi Nail Art Bertema Imlek Diburu Pelanggan"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/eny)
Eureka
×
Misteri Multiverse
Misteri Multiverse Selengkapnya