5 Profesi dalam Dunia Metaverse yang Bisa Jadi Tren Pekerjaan di Masa Depan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 31 Des 2021 07:30 WIB
Metaverse: Ancaman atau Peluang bagi Umat Manusia? Foto: detik
Jakarta -

Kamu mungkin sudah memiliki karier yang bisa dibilang mapan dan potensial. Namun penting pula untuk mengetahui tren pekerjaan masa depan baik sekadar informasi atau referensi untuk beralih profesi. Meski tidak ada yang pernah pasti dengan masa depan, para pakar telah menganalisa pergeseran dalam industri kerja berdasarkan perkembangan dunia dan teknologi. Salah satu hal baru yang diramalkan akan jadi berkembang pesat adalah Metaverse.

Metaverse bisa diartikan sebagai ruang yang dapat melampaui berbagai hal di dunia sehingga bisa terlihat secara virtual. Salah satu contoh paling mudahnya adalah tampilan hologram wujud seseorang yang padahal berada jauh dari lokasi seperti di film Avengers atau Star Wars. Diprediksi akan semakin banyak digunakan, berikut lima pekerjaan Metaverse yang dikatakan akan tren di masa depan.

1. Software Engineer (AR)
Perkembangan teknologi akan mengubah cara orang berinteraksi yang sebenarnya sudah terasa belakangan ini. Kini untuk bisa bertemu, orang tak perlu harus bertatap muka. Selain untuk pekerjaan, teknologi ini juga digunakan untuk bermain game. Nantinya akan semakin banyak perusahaan game yang menggunakan konsep Metaverse sehingga dibutuhkan software engineer dengan keahlian tinggi. Kamu yang tertarik bekerja di bidang ini, bisa mulai mempelajari dan mengikuti berbagai pelatihannya sejak sekarang.

2. Desainer Game dan Fashion Digital
Dilansir Tech Gig, desainer game akan menjadi pekerjaan yang tren di masa depan. Selain semakin banyak orang yang hobi nge-game, perkembangan teknologi juga memungkinkan para pemain untuk mendapat pengalaman lebih seru. Sebagai desainer game yang dibutuhkan adalah mereka yang menguasai prototyping hingga mengurusi pengiriman games VR. Selain untuk game, desainer fashion digital juga akan dibutuhkan mengingat belakangan semakin marak perlisian koleksi versi NFT.

3. NFT Strategist
Dengan Metaverse, NFT (Non-Fungible Token) juga akan semakin berkembang. Ketika itu, dibutuhkan banyak orang yang ahli untuk menciptakan konsepnya. Dikatakan jika untuk bisa bekerja sebagai NFT Strategist, kamu harus punya ilmu mendalam terkait teknologi blockchain, bisa menciptakan program sekaligus menganalisa tren untuk membuat strategi yang menarik pengguna dan mendorong engagement.

4. Blockchain Engineer
Blockchain adalah layanan ekplorasi blok Bitcoin, semacam dompet mata uang kripto. 'Insinyur' blockchain adalah orang yang membantu mengimplementasikan dan menciptakan blockchain digital untuk bisnis. Mereka bertugas untuk mendesain, mengetes, dan mengatur sistem software dalam platform blockchain. Profesi ini biasanya bekerja sama dengan software engineer untuk membantu mereka mengembangkan software.

5. Product Manager
Salah satu pekerjaan yang mungkin lebih familiar dalam daftar ini adalah product manager. Dalam perusahaan Metaverse, mereka akan bertanggung jawab dalam hal memasarkan pengalaman yang bisa didapatkan dari produk. Profesi ini akan terlibat sejak fase strategi tapi fokus utamanya adalah membuat pengguna mengerti. Karena itu, penting bahwa mereka mengumpulkan feedback dan mengetahui waktu yang tepat dalam merilis sesuatu.

(ami/ami)