Siapkan CV, Ini 10 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di 2022

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 28 Des 2021 07:30 WIB
Ilustrasi wanita karier Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mencari pekerjaan di tengah pandemi Corona memang tidak selalu mudah. Tapi tahun depan diprediksi keadaan ekonomi semakin membaik sehingga lapangan pekerjaan pun terbuka. Selain pendapat para pakar, data-data terkait jumlah lowongan kerja juga menjadi bukti jika kesempatan kamu berkarier di 2022 lebih cemerlang. Berikut 10 jenis profesi atau pekerjaan yang banyak dicari di 2022.

1. Perawat Rumah Sakit dan Pribadi
Daripada dokter, perawat diprediksi jadi pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di masa depan. Mereka yang terlatih dan berlisensi untuk merawat pasien tak hanya diperlukan di rumah sakit tapi juga klinik, sekolah hingga rumah pasien. Untuk menjadi perawat pribadi, kamu mungkin perlu mengambil pelatihan lagi. Tapi tentu hal itu sepadan dengan penghasilannya yang cukup tinggi.

2. Software Developer
Pandemi Corona membuat banyak orang beralih bekerja freelance dari pada kantoran. Di dunia freelance bisa dikatakan jika software developer masih jadi primadona. Untuk bisa bekerja sebagai developer, kamu harus mempelajari coding dan bahasa pemrograman. Biasanya profesi ini dituntut untuk bisa menemukan masalah, mencari solusi, menyelesaikan masalah, hingga menguji solusi pemrogramannya. Semakin banyak industri yang membutuhkan jasa ini sehingga potensial untuk dicoba.

3. Analis Riset Pasar
Dilansir Career Fitter, belakangan semakin banyak lowongan dibuka untuk posisi analis riset pasar. Diprediksi jika profesi ini menjadi pekerjaan yang paling banyak dicari tahun depan. Apa yang biasanya dikerjakan? Mereka umumnya meneliti dan menganalisa kondisi pasar juga mengumpulkan informasi untuk mempertimbangkan potensi penjualan produk atau jasa. Singkatnya kamu harus bisa memprediksi barang yang akan jadi tren dan bisa laris.

4. Teknisi Turbin Angin
Dua tahun belakangan, teknisi turbin atau kincir angin banyak merekrut orang. Turbin semakin populer sebagai pembangkit listrik yang lebih ramah lingkungan sebagai usaha untuk mengatasi pemanasan global. Untuk menjadi teknisi turbin, menyukai dunia teknik dan mahir mengoperasikan alat sekaligus tidak takut ketinggian menjadi beberapa syarat dasarnya.

5. Pemasang Fotovoltaik
Fotovoltaik adalah sektor yang berhubungan dengan pemasangan panel surya untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik. Sama seperti turbin angin, teknologi tersebut semakin dibutuhkan karena bisa menghasilkan energi yang hemat sekaligus ramah lingkungan. Banyak pekerja dibutuhkan untuk memasang fotovoltaik di atas atap. Umumnya mereka akan dilatih beberapa bulan bahkan setahun untuk bisa mahir dalam profesi ini.

6. Chef
Makanan selalu menjadi kebutuhan karena itu chef selalu dibutuhkan. Tampaknya belakangan banyak resto, kafe atau tempat nongkrong sehingga membuat orang jago masak untuk mengajikan makan lezat. Untuk menjadi chef memang tak mudah. Selain kemampuan dan lisensi, kamu juga perlu menyiapkan fisik, mental, juga menimba pengalaman.

7. Instruktur Olahraga
Karena pandemi Corona, kesadaran untuk hidup sehat meningkat. Kamu yang jago nge-gym atau jenis latihan lain dapat memilih profesi menjadi instruktur atau pelatih olahraga. Tapi untuk menjalani profesi ini, kamu butuh kemampuan memotivasi dan teknik marketing diri yang baik. Bersiap pula untuk bekerja baik saat pagi maupun malam hari.

8. Manajer Figur Publik
Seiring berkembangnya media sosial, pekerjaan ini belakangan juga menjadi tren yang potensial. Apalagi untuk kamu yang jago dan sudah punya reputasi baik dalam dunia maya, menjadi seorang konsultan atau manajer figur publik bisa dicoba. Dalam era digital di mana branding sangat diperlukan, kemampuan kamu bisa diandalkan baik dengan menjadi admin Instagram brand atau perantara klien untuk bekerja sama dengan perusahaan untuk sebuah iklan.

9. Makeup Artist
Tak disangka jika makeup artist menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan di 2022. Kamu yang punya kelebihan dalam mendandani orang, asah kemampuan tersebut bisa dijadikan pekerjaan. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang mau freelance karena tak harus bekerja setiap hari dan bisa menentukan jadwal sendiri. Meski dapat meraup keuntungan, salah satu hal kurang menyenangkan dari profesi ini adalah harus rela kehilangan akhir pekan karena biasanya saat itu datang banyak tawaran.

10. Terapi Okupasi
Tenaga medis tampaknya memang semakin dibutuhkan. Selain perawat atau dokter, asisten yang bisa memandu terapi okupasi juga menjadi salah satu pekerjaan paling banyak dicari di 2022. Pekerjaan ini umumnya bertugas membantu orang-orang yang terluka atau butuh terapi karena keterbatasan. Asisten terapis okupasi hanya akan bekerja dengan pasien, alat, dan gerakan sehingga tidak terlalu butuh hitungan dan rumus matematika.

(ami/ami)