5 Bidang Karier yang Diprediksi Semakin Berkembang, Patut Dipelajari di 2022

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 03 Des 2021 08:00 WIB
Multicultural Business Meeting Foto: Getty Images/iStockphoto/Rifka Hayati
Jakarta -

Selagi pandemi global masih membatasi aktivitas warga dunia, banyak orang putus asa dengan masa depan mereka. Namun pakar memprediksi bahwa setelah masa yang bisa dibilang suram, industri kerja akan diwarnai dengan tumbuhnya lapangan kerja. Dikatakan jika ada beberapa bidang yang berkembang sehingga bisa jadi referensi kamu memilih jurusan kuliah atau memperluas ilmu dan pengalaman. Apa saja?

1. Bidang Kesehatan
Pandemi Corona mengubah banyak hal tentu termasuk industri kerja. Banyak orang kehilangan pekerjaan tapi ada pula posisi-posisi yang semakin dibutuhkan. Salah satunya dalam bidang kesehatan. Kebutuhan untuk tenaga medis semakin meningkat selagi kesehatan menjadi hal yang sangat diperhatikan belakangan.

Dilansir Forbes, sebanyak 500 ribu perawat berlisensi akan dibutuhkan di 2027. Tak hanya bekerja di rumah sakit, di masa depan perawat juga semakin dibutuhkan di tempat-tempat publik bahkan untuk traveling. Selain banyak dicari, perawat juga menjanjikan penghasilan yang tidak sedikit. Berdasarkan data statistik, profesi ini termasuk yang sedikit berutang.

2. Informasi Teknologi
Bukan rahasia lagi informasi teknologi menjadi bidang yang akan semakin diminati di 2022. Tapi trennya mengalami perkembangan. Dikatakan jika karena WFH menjadi sebuah budaya baru, fasilitas untuk memudahkannya pun dibutuhkan. Karena itu, kebutuhan untuk software dan aplikasi untuk kerja remote meningkat.

Dikatakan jika banyak perusahaan mencari orang untuk belajar coding online, pekerjaan terkait coding pun direkomendasikan. Bukan hanya untuk fresh graduate tapi juga kamu yang berniat untuk pindah jalur karier. Pengembangan software sendiri diprediksi akan meningkat 22% karena itu patut dipertimbangkan.

3. Supply Chain Management
Supply Chain Management atau manajemen rantai pasok bisa diartikan sebagai mekanis yang menghubungkan semua pihak yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan pasar dengan menyediakan produk atau jas terbaik. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pandemi Corona di mana banyak orang melakukan 'panic buying'.

Untuk bekerja di bidang ini umumnya kamu bisa memilih profesi seperti agen pembelian, analis logistik, atau manajer distribusi. Biasanya mereka memulai dengan kuliah S1 yang berhubungan dengan matematika, statistik, atau prinsip teknik.

4. Manajemen Keuangan
Mencari kerja di industri keuangan memang banyak saingan tapi bidang tersebut tidak pernah surut dan selalu butuh pekerja. Diperkirakan jika manajemen finansial sendiri akan tumbuh sebanyak 15% dalam 10 tahun mendatang. Salah satu posisi yang selalu dicari adalah manajer keuangan yang dibutuhkan untuk menganalisa pengeluaran dan pemasukan perusahaan selagi mencari cara cari keuntungan.

5. Aktuaria dan Statistik
Bidang kerja klasik yang juga semakin diminati ke depannya adalah perpajakan dan statistik. Dikatakan jika keduanya diprediksi tumbuh sekitar 20% dan menghasilkan pendapatan cukup potensial. Ilmu aktuaria dan statistik umumnya dibutuhkan di perusahaan perpajakan untuk memiliki klien potensial hingga mengevaluasi risiko. Selain lulusan universitas dari jurusan-jurusan tersebut, kamu juga bisa mempelajarinya dari serangkaian tes atau sertifikasi.

(ami/ami)