The Fabulist 2021

Daftar 10 Wanita Paling Inspiratif 2021, Penemu Vaksin Hingga Atlet

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 17 Des 2021 07:30 WIB
Foto: Instagram @badmintonphoto_official/Yves Lacroix Foto: Instagram @badmintonphoto_official/Yves Lacroix
Jakarta -

Selama 2021, cukup banyak wanita yang jadi pemberitaan karena prestasinya. Tahun ini, para wanita inspiratif yang menarik atensi publik pun datang dari berbagai kalangan. Ada yang berhasil membantu mengentaskan virus Corona, ada pula yang mengharumkan negara di kancah internasional. Berikut 10 wanita inspiratif yang mencuri perhatian di 2021.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

CHOFU, JAPAN - AUGUST 02: Gold medalists Greysia Polii and Apriyani Rahayu of Team Indonesia pose for photo on the badminton court on day ten of the Tokyo 2020 Olympic Games at Musashino Forest Sport Plaza on August 02, 2021 in Chofu, Tokyo, Japan. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images)Foto: Getty Images/Richard Heathcote

Greysia Polli dan Apriyani Rahayu mencetak sejarah tahun ini dengan membawa pulang medali emas di Olimpiade Tokyo. Kemenangan mereka adalah raihan emas pertama untuk nomor ganda putri Indonesia sepanjang sejarah sekaligus satu-satunya selama Olimpiade 2021. Momen yang sudah lama diimpikan pasangan ganda putri peringkat keenam dunia ini tentu membuat masyarakat ikut bangga dan terharu.

Maudy Ayunda

Maudy AyundaMaudy Ayunda Foto: Instagram Maudy Ayunda

Maudy Ayunda dikenal sebagai aktris yang tak hanya berprestasi dalam bidang hiburan tapi juga akademis. Tahun ini ia jadi perhatian karena sukses menyelesaikan studi S2 di Universitas Stanford. Wanita 25 tahun itu meraih dua gelar sekaligus yakni Master of Business Administration (MBA) dan Master of Arts (MA) dengan beasiswa LDPD. Kelulusan Maudy di tengah pandemi Corona dianggap menginspirasi sesama wanita dan anak muda untuk bercita-cita tinggi dan berusaha meraihnya.

Adi Utarini

Adi UtariniAdi Utarini Foto: Instagram @melindafrenchgates

Adi Utarini adalah peneliti sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan di Universitas Gadjah Mada. Tahun ini namanya masuk sebagai salah satu orang berpengaruh versi Time dan dinominasikan oleh Melinda French Gates. Ia memimpin sebuah penelitian terobosan yang berhasil membuktikan bahwa tekniknya bisa menurunkan kasus penyakit virus yang dibawa oleh nyamuk demam berdarah.

Tri Rismaharini

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan keterangan pers di Kantor Kementrian Sosial, Jakarta, Kamis (18/11/2021). Mensos Risma mengungkapkan, sebanyak 31.624 aparatur sipil negara (ASN) terinidikasi menerima bantuan sosial (bansos). Risma mendapatkan data ini setelah Kementerian Sosial melakukan verifikasi data penerima bansos. Foto: Agung Pambudhy

Kini menjadi sebagai Menteri Sosial, kiprah mantan Wali Kota Surabaya ini tentu sering diperbincangkan. Belakangan aksinya dalam membantu orang-orang yang terkena bencana alam hingga tindak kekerasan pun jadi sorotan. Risma juga sempat jadi pemberitaan karena memaksa tuna rungu berbicara hingga marah-marah karena keteledoran staf.

Sri Mulyani

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menghadiri peluncuran Badan Layanan Umum (BLU) Expo 2021 di Istora Senayan Jakarta, Selasa (16/11/2021). Mengusung tema Foto: Kemenparekraf

Sebagai salah satu sosok yang paling penting dalam pemerintahan, kiprahnya sebagai Menteri Keuangan juga selalu mendapat perhatian. Sri Mulyani beberapa tahun ini menghadapi banyak tantangan dalam menjalankan tugasnya di masa pandemi Corona. Namun wanita yang sering disebut Kartini Modern itu dinilai memberi kontribusi positif terhadap negara. Ia pun menjadi salah satu wanita dan menteri paling berpengaruh di dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2