50 Kata-kata untuk Guru, Inspiratif dan Penuh Makna Mendalam

Tim Wolipop - wolipop Kamis, 25 Nov 2021 12:45 WIB
Twibbonize Hari Guru Nasional 2021 perlu diketahui untuk merayakannya. Link apa saja yang bisa dipakai? Ilustrasi Hari Guru Nasional (Foto: detikcom/ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Hari ini, Kamis (25/11/2021), bertepatan dengan Hari Guru Nasional. Kata-kata untuk guru bisa kamu sampaikan untuk merayakan sang pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru ada untuk mendidik dan mangayomi para muridnya sehingga menjadi pribadi yang tak hanya cerdas tapi juga berakhlak. Tanpa andil guru, mungkin kita tidak bisa menikmati kesuksesan yang berhasil dicapai saat ini.

Banyak pengorbanan yang dilakukan para guru demi memberikan edukasi terbaik bagi para muridnya. Apalagi mereka yang menjadi tenaga pengajar di daerah-daerah terpencil.

Belum lagi, guru honorer yang tetap berkomitmen mendukung pendidikan anak-anak Indonesia meski mendapat upah yang mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja tak cukup.

Dedikasi mereka patut dirayakan. Memberikan ucapan selamat kepada gurumu atau membagikan kata-kata untuk guru yang penuh makna mendalam bisa menjadi salah satu caranya. Berikut 50 kata-kata untuk guru yang dikutip dari berbagai sumber dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional:


1. "Guru adalah ujung tombak generasi tunas bangsa, gurulah yang pertama mengukir akan dijadikan apa generasi muda ini."


2. "Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bukan karena tidak berjasa tapi karena kita tidak bisa membalas jasanya. Terima kasih guru."


3. "Guruku, engkau cahaya yang selalu menerangi setiap kegelapan. Semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan."

4. "Terima kasih telah sabar mendidikku dan tak pernah lelah membagikan ilmumu kepadaku."


5. "Guru sejati adalah yang mampu menghidupkan cinta dalam sanubari murid-muridnya untuk mencintai sesama karena Allah SWT."

6. "Orang yang mendidik anak-anak itu lebih dihormati daripada orang tua, jika orang tua hanya memberikan nafkah hidup, maka pendidik memberikan seni kehidupan dengan baik."

7. Guru terbaik tidak memberi Anda jawaban, tetapi mereka memicu keinginan Anda untuk menemukan jawabannya sendiri. Selamat Hari Guru Nasional!

8. Dari ABC menjadi merah, putih, dan biru, untuk sejarah dan matematika juga, yang ingin saya katakan adalah TERIMA KASIH GURU!


9. Wahai guru tanpa lelah engkau membimbing anak muridmu. Terimakasih atas jasamu yang tak terhingga. Selamat Hari Guru Nasional.


10. Tidak semua orang memiliki hati emas, dan dedikasi seperti itu, tapi Anda memilikinya. Anda adalah individu yang benar-benar menginspirasi karena telah mengajarkan lebih dari sekadar kurikulum. Selamat Hari Guru Nasional.


11. Orangtua kami memberikan kami hidup, dan engkau mengajari kami cara menjalaninya. Jasamu akan selalu kekal abadi. Selamat Hari Guru Nasional.


12. Terimakasih karena engkau telah memberikan ilmu yang bermanfaat dan menjadi bekal dalam hidup. Selamat Hari Guru Nasional.


13. Selamat Hari Guru Nasional! Kata-kata, sikap, dan tindakan Anda telah membuat perbedaan positif dalam pengasuhan anak-anak kita! Kami benar-benar berterima kasih kepada Anda para guru.

14. Selamat Hari Guru Nasional! Kami berterima kasih kepadamu wahai guru, hari ini dan setiap hari.

15. Menjadi seorang guru tidak seperti bekerja dari pukul 09.00 sampai 17.00. Terima kasih telah bersedia membantu kami tiap memiliki masalah. Terima kasih karena selalu membuat kami merasa baik. Selamat Hari Guru Nasional.

16. Wahai para guru, upaya dan kerja keras yang Anda investasikan untuk menghasilkan yang terbaik dalam diri kami tidak akan pernah terbayar dengan kata-kata. Kami hanya bisa merasa bersyukur memiliki guru seperti kalian, Selamat Hari Guru Nasional.

17. Guru, engkau selalu menantangku untuk bekerja keras dan mendapatkan nilai bagus. Aku akan selalu mengingatmu. Selamat Hari Guru!

18. Selamat Hari Guru, Anda adalah percikan, inspirasi, buku panduan, lilin dalam hidup saya. Saya sangat bersyukur bahwa Anda adalah guru saya.

19. "Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. Siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar."

20. "Ilmu yang telah engkau ajarkan adalah hadiah paling indah yang pernah engkau berikan. Terimakasih guru."

21. "Karena seorang guru pun selalu mengajarkan kita untuk menghafal dan mengingat, bukan untuk melupakan. Terimakasih guru."

22. "Guru adalah pahlawan yang membimbing anak-anak Indonesia untuk menjadi penerus Bangsa yang berprestasi. Terima kasih atas kesabaranmu, keikhlasanmu, dan keteguhanmu dalam membimbing kami."

23. "Kepada guru-guru yang ku hormati, tak henti kami mendoakan, mengisahkan, dan membanggakanmu."

24. "Seorang guru itu adalah orang yang memengaruhi keabadian serta tidak pernah bisa mengungkapkan dimana pengaruhnya berhenti."

25. "Guru itu bukan buruh, guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Hargai gurumu, jayalah generasi bangsamu."


Kata-kata untuk Guru dari Para Filsuf Hingga Pemimpin Dunia


26. "Guru adalah anggota masyarakat yang paling bertanggung jawab dan penting karena upaya profesional mereka mempengaruhi nasib bumi." - Helen Caldicott

27. "Ada dua jenis guru: jenis yang mengisi Anda dengan begitu banyak peluru sehingga tidak bisa bergerak, dan jenis yang hanya memberi Anda sedikit dorongan di belakang tapi bisa melompat ke langit." - Robert Frost

28. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia." - Nelson Mandela

29. "Seni tertinggi guru adalah membangkitkan kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan." - Albert Einstein

30. "Seorang guru mempengaruhi keabadian karena dia tidak pernah tahu di mana pengaruhnya berhenti." -Henry Adams

31. "Jika suatu negara ingin bebas korupsi dan menjadi negara yang indah, ada tiga anggota masyarakat kunci yang bisa membuat perbedaan. Mereka adalah ayah, ibu, dan guru." - Dr. APJ Abdul Kalam

32. "Mimpi dimulai dengan seorang guru yang percaya padamu, yang menarik dan mendorong dan membawamu ke dataran tinggi berikutnya. Terkadang menusukmu dengan tongkat tajam yang disebut 'kebenaran'." - Dan Alih

33. "Mari kita ingat: satu buku, satu pena, satu anak, dan satu guru dapat mengubah dunia." - Malala Yousafzai

34. "Seorang guru membangkitkan perasaan untuk satu tindakan yang baik, untuk satu puisi yang baik, mengisi ingatan kita dengan deretan benda-benda alam, diklasifikasikan dengan nama dan bentuk." - Johann Wolfgang von Goethe

35. "Guru yang baik dengan memberikan pertanyaan yang benar daripada memberikan jawaban yang benar." - Josef Albers

36. "Aku tidak pernah mengajar murid-muridku, aku hanya berusaha menyediakan kondisi di mana mereka dapat belajar." - Albert Einstein

37. "Mereka yang tahu, lakukan. Mereka yang mengerti, mengajar." - Aristoteles

38. "Guru yang baik dapat menginspirasi harapan, menyalakan imajinasi, dan menanamkan kecintaan belajar." - Brad Henry

39. "Setiap guru yang baik tahu betapa pentingnya berhubungan dengan siswa dan memahami budaya kita." - Adora Svitak

40. "Guru memengaruhi keabadian; tidak ada yang tahu di mana pengaruh mereka berhenti." - Henry Brooks Adams

41. "Dalam belajar kamu akan mengajar, dan dalam mengajar kamu akan belajar." - Phil Collins

42. "Tujuan mengajar seorang anak adalah untuk memungkinkannya bergaul tanpa seorang guru." - Elbert Hubbard

43. "Apa yang ditulis seorang guru di papan tulis kehidupan tidak akan pernah bisa dihapus."

44. "Pengajaran yang baik harus cukup lambat agar tidak membingungkan, dan cukup cepat agar tidak membosankan." - Sidney J. Harris

45. "Aku tidak bisa mengajari siapa pun apa pun, aku hanya bisa membuat mereka berpikir." - Socrates


46. "Tugas pendidik modern bukanlah menebang hutan, tetapi mengairi gurun." - CS Lewis

47. "Guru mengajar karena mereka peduli. Mengajar kaum muda adalah hal terbaik yang mereka lakukan. Itu membutuhkan waktu berjam-jam, kesabaran, dan perhatian." - Horace Mann

48. "Dalam mengajar kamu tidak dapat melihat hasil dari kerja sehari-hari. Itu tidak terlihat dan tetap demikian, mungkin selama 20 tahun." - Jacques Barzun

49. "Seni mengajar adalah seni membantu penemuan." - Mark Van Doren

50. "Guru yang baik seperti lilin - ia menghabiskan dirinya sendiri untuk menerangi jalan bagi orang lain." - Mustafa Kemal Ataturk

Itulah pilihan kata-kata untuk guru. Semoga dapat menginspirasi kita untuk lebih mengapresiasi jasa mereka.



Simak Video "Kisah Guru dan Murid di Jakarta Timur Menikah Jadi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)