Sosok Vishal Garg, CEO yang Viral Setelah Pecat 900 Karyawan Lewat Zoom

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 09 Des 2021 14:49 WIB
Vishal Garg Foto: Instagram @betterdotcom
Jakarta -

Baru-baru ini heboh kabar CEO Better Vishal Garg memecah 900 orang sekaligus. Hal tersebut dilakukannya melalui video call Zoom selama tiga menit. Keputusannya itu menjadi kontroversial karena dianggap kejam dan tidak profesional. Terlebih ia juga menyebut karyawan pemalas dan pencuri. Sosok bos perusahaan real estate itu pun jadi sorotan. Beberapa karyawan menyebutnya orang yang plin plan.

Vishal Garg jadi perbincangan setelah memecat 900 karyawannya dengan cara yang brutal. Pria tersebut baru-baru ini telah memberikan permintaan maaf dan mengaku gagal menunjukkan sikap profesional dan penghargaannya pada para pekerja. Sayangnya masalah ini jadi meluas karena beberapa tangan kanannya ikut mengundurkan diri.

Jadi viral, sosok Vishal Garg pun bikin penasaran. Sejumlah pekerja mengungkap pengalaman mereka bekerja dengan pria 43 tahun tersebut. Dilansir Dailymail dari dokumen persidangan, beberapa menyebutnya plin-plan. Ia dikatakan pernah mengancam beberapa rekan bisnisnya untuk dipaku ke tembok hingga dibakar hidup-hidup.

Laporan lain menyebutkan bahwa ia adalah atasan yang menuntut dan sangat detail dalam artian yang kurang bagus. Ia pernah memarahi manajer karena tidak mengisi kulkas dengan air Fiji atau Perrier. Vishal sendiri harus minum air dari brand Gerolsteiner.

Vishal adalah pria kelahiran India yang pindah ke AS di usia tujuh tahun. Ia datang dari latar belakang elite dan lulus dari New York University jurusan Finance and International Business. Di usia 21, ia meninggalkan pekerjaan sebagai analis untuk membuka perusahaan peminjaman biaya pendidikan yang kemudian akuisisi oleh orang lain. Vishal membangun dan menjadi CEO Better sejak 2014.

Sejak kecil, ia mengaku sudah menunjukkan ketertarikan dan jiwa berwirausaha. "Kekuatan superku aku pikir aku sangat baik dalam matematika, seperti bisa menemukan sebuah kesempatan," ujar ayah dua anak itu dalam sebuah podcast di 2019.

Selain sebagai CEO Better, Vishal Garg juga menanam modal untuk perusahaan investasi One Zero Capital. Tidak diketahui berapa penghasilannya tapi dilansir Beast, ia menerima bonus $25 juta atau Rp 358 miliaran di 2020. Better yang masuk Top 50 Fintech versi Forbes itu juga dijadwalkan segera go public.

(ami/ami)