ADVERTISEMENT

Rahasia Orang Sukses, Ini Jam Tidur Para CEO Bill Gates Hingga Jack Ma

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 30 Nov 2021 21:00 WIB
Sosok Jeff Bezos jadi sorotan. Pasalnya pendiri Amazon sekaligus salah satu orang terkaya dunia itu dikabarkan berinvestasi di startup e-commerce Indonesia, Ula Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Jakarta -

Istirahat yang cukup dan berkualitas adalah kunci dari hidup yang seimbang. Tak hanya penting untuk kesehatan, tidur juga dianggap bisa meningkatkan produktivitas kerja karena kerja otak bisa lebih lancar. Tapi terkadang tidur yang cukup tidak berarti jangka waktunya panjang. Sejumlah CEO mengaku bahwa mereka tidak selalu tidur tujuh-delapan jam. Berikut jam tidur 10 bos sukses dunia.

Bill Gates

Bill GatesBill Gates Foto: Instagram @thisisbillgates

Kebiasaan Bill Gates masih menjadi acuan bagi para profesional. Bill mengaku tidak selalu suka banyak tidur dan sering istirahat larut, terutama ketika sedang membangun Microsoft. Meski di saat-saat penting itu ia sering begadang dan mengandalkan kafein, kini Gates tidur paling tidak tujuh jam.

Jack Ma

Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.Jack Ma. Foto: AP Photo

Dilansir CNBC, Jack Ma mengakui bahwa tidur adalah kunci mengatur stres dan menyelesaikan masalah. Ia merasa jika tidak tidur adalah awal dari sebuah masalah. Salah satu orang terkaya di China itu pun diketahui sebagai orang pagi karena selalu bangun pukul 06:00.

Jeff Bezos

Sosok Jeff Bezos jadi sorotan. Pasalnya pendiri Amazon sekaligus salah satu orang terkaya dunia itu dikabarkan berinvestasi di startup e-commerce Indonesia, Ula Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais

CEO Amazon juga tipe CEO yang harus selalu tidur cukup. Sebagai seorang bos, ia memastikan beristirahat dengan cukup agar bisa membuat keputusan level tinggi dengan baik. Dilansir Thrive Global, tidur delapan jam membuat perubahan besar untuk merasa berenergi dan semangat.

Tim Cook

Tim CookTim Cook Foto: Reuters

Dilansir Collengenp, Tim Cook dikenal sering mengirim email pukul 4-5 pagi. Bos Apple tersebut juga dikatakan selalu keluar kantor setelah rekan-rekannya pulang dan sampai sebelum yang lain datang. Ia juga terbiasa produktif di pagi hari setelah tidur kurang lebih tujuh jam sehari.

Elon Musk

Elon MuskElon Musk Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI

Sayangnya tak semua CEO bisa tidur dengan jam panjang. Elon Musk mengaku rata-rata berisitrahat enam jam setiap malam. Bos Tesla dan Space X ini mengaku jika tidur memang membuat produktivitasnya meningkat. Meski begitu, dia tidak ingin tidur lebih dari enam jam.

Marissa Mayer

NEW YORK, NY - MAY 07:  Yahoo! CEO, Marissa Mayer speaks at TechCrunch Disrupt NY 2014 - Day 3 on May 7, 2014 in New York City.  (Photo by Brian Ach/Getty Images for TechCrunch) (Photo by Brian Ach/Getty Images for TechCrunch) Foto: GettyImages

Presiden Yahoo Marissa Mayer yang pernah bekerja di Google ini pun tampaknya tidak perlu banyak tidur. Ia cuma tidur empat jam setiap malam terutama ketika sedang sibuk-sibuknya. Meski begitu, ibu tiga anak tersebut selalu menyempatkan diri untuk liburan seminggu setiap empat bulan agar tubuhnya bisa beristirahat.

Martha Stewart

martha stewartmartha stewart Foto: Istimewa

Founder Martha Stewart Living Omnimedia juga bisa bertahan dengan jam tidur yang sebentar. DilansirCEO World, ia tidur empat jam setiap malam. Penulis dan television personality tersebut memang punya banyak tanggung jawab sehingga tidak selalu bisa istirahat banyak.

Richard Branson

Dua miliuner dunia, Richard Branson dan Elon Musk bertarung sengit dalam pengembangan transportasi super cepat. Mereka juga punya bisnis pesawat komersil yang bisa terbang ke luar angkasa. Foto: Istimewa/Hyperloop/The Boring Company/Geety Images

Founder Virgin Group mengaku selalu tidur tengah malam tapi sudah bangun pukul 5-6 pagi. Biasanya pebisnis Amerika Serikat tersebut tidur hanya enam jam sehari. Tentu hal itu dilakukannya untuk memastikan bisnis berjalan lancar.

Tom Ford

Tom Ford attends The Metropolitan Museum of Art's Costume Institute benefit gala celebrating the opening of the Foto: Invision/Evan Agostini/AP

Desainer Tom Ford juga berusaha sebaik mungkin untuk memastikan brand-nya tetap sukses. Karena itu, ia sering kali tidur hanya tiga jam setiap malam. Kerja kerasnya pun membuahkan hasil karena kini ia menjadi Ketua CFDA (Dewan Perancang Busana di Amerika).

Indra Nooyi

NEW YORK, NY - NOVEMBER 10: Chairman and CEO of PepsiCo Indra Nooyi poses backstage at The New York Times DealBook Conference at Jazz at Lincoln Center on November 10, 2016 in New York City. (Photo by Bryan Bedder/Getty Images for The New York Times )Foto: GettyImages/Bryan Bedder

Indra Nooyi adalah salah satu pengusaha wanita kebanggaan India yang sering masuk daftar orang paling berpengaruh. Ketika belajar di Yale sekaligus bekerja sebagai resepsionis, ia mengaku cuma tidur lima jam. Bahkan ketika sudah jadi CEO PepsiCo, Indra hanya istirahat empat hingga lima jam setiap malam dan kerja 130 jam seminggu.

(ami/ami)