Cerita Lengkap Mahasiswi Jember Viral IPK 2 Koma Raih Beasiwa LPDP ke Inggris

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 16 Nov 2021 06:00 WIB
Foto Wirdatul Khasanah yang meraih beasiswa di Inggris. Foto: Dok. Tangkap akun TikTok @wirdatulkhasanah. Foto Wirdatul Khasanah yang meraih beasiswa di Inggris. Foto: Dok. Tangkap akun TikTok @wirdatulkhasanah.
Jember -

Beredar viral di TikTok wanita yang pernah memiliki IPK 2 koma berhasil lolos beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Inggris. Beasiswa tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Mahasiswi ini membuktikan jika dirinya bisa lolos LPDP, walaupun pernah memiliki IPK 2,8. Hal itu terungkap dari unggahan akun TikTok @widratulkhasanah. Ia membagikan video lembar hasil studinya.

Dari video unggahannya terlihat dia merupakan mahasiswi Universitas Jember, Jawa Timur yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri dengan jalur LPDP. Ia mempersiapkan beberapa data seperti mengikuti seminar internasional di ISoLEC dan English Camp di English Access Microscolarship Program. Kisah viralnya KLIK DI SINI.

Selain itu ia juga memperlihatkan keikutsertaannya di Camp EPIC RELO US Embassy Jakarta dan sampai menjadi Teacher Training di English Access Microscholarship Program. Berkat ketekunan dan kegigihannya tersebut, Wirda dinyatakan lulus beasiswa LPDP, dan sudah ditahap wawancara.

Kemudian Wirda memperoleh kartu identitas LPDP keberangkatan angkatan 155. Dia juga memperlihatkan momen dirinya berhasil menjadi mahasiswi di University of Nottingham, Inggris. Universitas tersebut merupakan kampus terbesar ke-5 di Inggris.

Foto Wirdatul Khasanah.Foto Wirdatul Khasanah. Foto: Dok/Wirdatul Khasanah.

Wolipop sudah menghubungi Wirdatul Khasanah yang mengunggah kisahnya tersebut di TikTok. Wanita yang akrab disapa Wirda itu berbagi cerita di balik pencapaiannya mendapatkan beasiswa LPDP.

Wirda mengatakan jika ia berasal dari SMK di Jember. Saat SMK, dirinya tidak terpikir untuk kuliah karena alasan ekonomi.

"Aku dulu SMK, nggak kepikiran buat kuliah sih awalnya karena economic reason, tapi karena umiku semangat banget buat menyuruh kuliah, karena tahu tetangga depan rumah bisa kuliah dengan Bidik Misi, jadi ya sudah aku memutuskan untuk oke akan kuliah. Mulai mencari-cari kampus, dan suka banget tuh sama UNPAD. Tapi karena aku SMK kan ya, pelajarannya completely different, jadi saat SBMPTN aku nggak lolos. Dan nggak lolos daftar Universitas Padjajaran dan Universitas Brawijaya waktu itu," kata Wirda kepada Wolipop, Senin (15/11/2021).

Wirda pun merasa sedih dan putus asa saat dirinya tidak diterima di dua kampus negeri ternama. Namun sang ibu terus memberikan dukungan, agar Wirda mendaftar di universitas lainnya. Wirda kemudian mencoba jalur mandiri Universitas Jember (UNEJ) jurusan Sastra Inggris.

"Alhamdulillah sudah sistem uang kuliah tunggal (UKT) kan ya. Jadi sudah nggak ada uang gedung. Awalnya aku bener-bener ngerasa, duh kalau gak lolos lagi gimana? Tapi alhamdulillah, tahun 2013 akhirnya aku lolos di Sastra Inggris Universitas Jember (UNEJ)," kenangnya.

Setelah diterima di Universitas Jember keinginannya untuk kuliah di UNPAD belum luntur. Ia lalu bertekad menuntaskan impian yang tertunda, yaitu mengambil S-2 di UNPAD.

Wirda menceritakan hingga akhirnya ia bisa mendapatkan beasiswa LPDP ke Inggris. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2