Viral Mahasiswi Jember IPK 2 Koma Sukses Dapat Beasiswa LPDP ke Inggris

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 15 Nov 2021 12:45 WIB
Kisah viral mahasiswi yang lolos beasiswa LPDP ke Inggris. Foto: Dok. Tangkap akun TikTok @wirdatulkhasanah.
Inggris -

Salah satu cara agar bisa melanjutkan studi ke luar negeri adalah dengan cara mengikuti program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Syarat yang harus dipenuhi wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 pada skala 4 atau yang setara.

Namun mahasiswi ini membuktikan jika dirinya bisa lolos LPDP, walaupun memiliki IPK 2,8. Hal itu terungkap dari unggahan akun TikTok @widratulkhasanah. Ia membagikan video tentang lembar hasil studinya.

Dari video unggahannya terlihat dia merupakan mahasiswi Universitas Jember, Jawa Timur yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri dengan jalur LPDP. Ia mempersiapkan beberapa data seperti mengikuti seminar internasional di ISoLEC dan English Camp di English Access Microscolarship Program.

Selain itu ia juga memperlihatkan keikutsertaannya di Camp EPIC RELO US Embassy Jakarta dan sampai menjadi Teacher Training di English Access Microscholarship Program. Berkat ketekunan dan kegigihannya tersebut, Wirda dinyatakan lulus beasiswa LPDP, dan sudah ditahap wawancara.

@wirdatulkhasanah Taa… taaa.. pi… pilihanmu bener, Mas. Aku ga glow up soalnya 😭😭 yaudah gapapa #fyp #fypシ #fypsounds #lpdp #fypgakni ♬ Apa Kabar Mantan NDX.A.K.A - Wes.Jeru_Dek

Kemudian Wirda memperoleh kartu identitas LPDP keberangkatan angkatan 155. Dia juga memperlihatkan momen dirinya berhasil menjadi mahasiswi di University of Nottingham, Inggris. Universitas tersebut merupakan kampus terbesar ke-5 di Inggris.

Hingga Senin (15/11/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 233 ribu Views, mendapat 27 ribu Likes dan 1.007 komentar. Warganet ada yang takjub dan ingin mengikuti jejak Wirda.

"Alasan gak mau meremehkan orang siapapun. Karena kita gak pernah tahu kalau ternyata orang itu di atas kita🥺," takjub akun @vena.

"Masya Allah, semoga nular ya mbak☺️ saya suka yang glow up kayak gini," puji akun @hasna_fitriani.

"Mbakk spill tipsnya tolong gimana caranya bisa kek gitu😭 aku juga dari UNEJ masi maba prodi akuntansi," tanya akun @cimorystrawberry♡.

"Kak boleh review untuk ikut beasiswa LPDP dari awal sampe kuliah di luar 🥺 soalnya aku juga lagi usaha ikut LPDP tapi bingung mau bercermin ke siapa🥺," ucap akun @Nafila_Mktfia.

"Wah keren mbak, sebagai sesama mahasiswa UNEJ, ikutan bangga 👍," takjub akun @Adeknya Harry Potter.

"Yang IPK-nya pas-pasan dan punya cita-cita studi atau kerja di luar negeri, jangan insecure ya, ada juga kok yang IPK pas-pasan tapi endingnya kerja jadi engineer di Jepang 😌," timpal akun @rina fadilah.

Kisah viral mahasiswi yang lolos beasiswa LPDP ke Inggris.Kisah viral mahasiswi yang lolos beasiswa LPDP ke Inggris. Foto: Dok. Tangkap akun TikTok @wirdatulkhasanah.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Wirdatul Khasanah yang mengunggah pengalamannya di akun TikTok pribadinya. Ia mengungkapkan alasan mengunggah kisahnya di TikTok, karena ia ingin menunjukkan perjalanan glow up-nya melalui jalur prestasi.

"Aku pengen ikutan tren aja sih, kan saat itu lagi tren banget lagu yang 'apakabar wong sing tau tak sayang' buat flexing ke mantan. Aku pengen ikutan tren gitu tapi karena aku nggak good looking apa yang mau dipamerin kan yak. Jadi ya udah awalnya sudah merasa, wehh nggak bisa ikutan tren ini. Terus tiba-tiba kepikiran aja, eh kan aku pernah dapat IP 2.5 yak ya udah, kalau nggak bisa jalur good looking, jalur IP ajalah," ungkap Wirda melalui Whatsapp, Senin (15/11/2021).

Seperti apa perjalanan Wirda hingga akhirnya ia bisa berhasil lolos kuliah di Inggris? Simak artikel selanjutnya di Wolipop.

(gaf/eny)