Kisah Bule Selandia Baru yang Jadi Petani dan Peternak Bebek di Tasikmalaya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 12 Nov 2021 06:00 WIB
Michael, Bule Petani dan Peternak di Tasikmalaya Foto: YouTube Bidara Farm Official
Jakarta -

Seorang warga asing bernama Michael memutuskan untuk tinggal di Indonesia. Michael memilih hidup di pedesaan dan menjalani pekerjaan tak biasa untuk seorang bule. Sehari-hari ia mengurus sawah dan hewan ternak. Jadi petani dan peternak di Tasikmalaya, Michael pun mengisahkan suka dukanya.

Potret Michael, pria asal Selandia Baru yang menjadi petani dan peternak di Tasikmalaya ditampilkan dalam akun YouTube Bidara Farm Official. Video tersebut pun menunjukkan bagaimana Michael bekerja di sawah, mulai dari mengangkat padi hingga mengangon bebek.

Michael, Bule Petani dan Peternak di TasikmalayaMichael, Bule Petani dan Peternak di Tasikmalaya Foto: YouTube Bidara Farm Official

Kepada pewawancara, Michael menjelaskan awal kisahnya tiba di Indonesia. Pria tersebut ternyata pertama kali datang ke Tanah Air sebagai turis. Setelah jatuh cinta dengan Indonesia, ia memutuskan untuk tinggal di sini dan mencoba berbagai macam pekerjaan hingga menemukan minat dalam profesi petani dan peternak.

"Dulu aku main selancar di Bali kemudian orang-orang Indonesia baik-baik jadi aku di sini, sudah suka di sini. Aku coba beda-beda bisnis mulai dari gula aren sampai rental motor balapan, tapi belum sukses, aku lebih enak jadi petani," katanya yang bisa berbahasa Indonesia.

Michael mengatakan jika di negara asalnya tidak ada sawah. Karena itu, ia menikmati keindahan dan keunikannya. Meski tidak pernah terjun ke sawah sebelumnya, ia bertekad untuk mempelajarinya dari teman-teman.

Terlebih Michael juga senang dengan binatang, setelah disarankan seorang teman ia akhirnya mencoba untuk beternak bebek. Dalam video, ia mengaku mengurus semua sendiri, termasuk mengobati jika mereka sakit.

Michael, Bule Petani dan Peternak di TasikmalayaMichael, Bule Petani dan Peternak di Tasikmalaya Foto: YouTube Bidara Farm Official

Ke depannya, Michael mengaku ingin fokus pada produksi telur bebek. Meski mengaku belum berani, ia bertekad untuk belajar. Pria tersebut berniat untuk membeli itik dan menjual telur juga dagingnya. "Orang Indonesia baik-baik jadi mereka kasih tahu banyak," kata Michael.

"Buat aku kerja apa aja harus ada semangat, harus fokus ke depan, belajar terus, aku suka bikin goal dan target jadi coba saja lalu tanya sama teman-teman, sharing, mungkin ada yang tahu ini bagus, itu bagus, digabung, ambil yang bagus," ungkapnya.

Michael, Bule Petani dan Peternak di TasikmalayaMichael, Bule Petani dan Peternak di Tasikmalaya Foto: YouTube Bidara Farm Official
(ami/ami)