Viral Kisah Kejam Dunia Modeling, Model Kurus Masih Disuruh Turun Berat Badan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 22 Okt 2021 14:32 WIB
Anna Gantt Foto: Instagram Anna Gantt
Jakarta -

Menjaga penampilan menjadi salah satu tuntutan saat bekerja sebagai model. Namun standar ukuran tubuh yang ditetapkan dalam industri modeling sekarang ini dinilai terlalu berlebihan. Seorang model pun mengungkap kesulitannya kembali melakukan pemotretan karena berat badan. Sudah bertubuh kurus, wanita bernama Anna Gantt itu diminta untuk mengecilkan ukuran tubuh.

Video Anna Gantt di TikTok baru-baru ini jadi viral karena mengungkap sisi gelap profesi model. Anna mengaku sakit hati setelah kembali dari casting karena perkataan produser dan sutradara yang memintanya menurunkan berat badan. Wanita 22 tahun itu sendiri memang naik berat badan setelah bertahun-tahun hidup tidak sehat.

"Saat-saat inilah yang aku benci sebagai model. Karena aku tidak pernah cukup baik dan aku sudah jadi model sejak 2014 dan aku mulai dengan ukuran (tubuh) 0/2, melakukan editorial (pemotretan majalah) dan runway dan sekarang ukuranku 4/6 dan aku dicibir setiap hari karena aku bukan tulang dan aku tidak lagi tidak sehat,"

@annavgantt

Ia mengunggah curhatan itu untuk orang-orang lain yang ingin menjadi model agar tahu realita profesi ini. "Aku lihat di TikTok semua orang ingin bekerja di dunia fashion, semua orang ingin jadi model. Tinggiku 5'10 (177 cm) aku sehat. Aku dulu menderita gangguan makan bertahun-tahun dan akhirnya merasa percaya diri dengan ukuranku. Aku naik 35 pon (15 kg) selama lima tahun terakhir. Dan aku terlihat bagus. Aku masih kurus,"

[Gambas:Instagram]



"Hidup di kota ini membuat kamu merasa buruk terhadap diri sendiri dan itu membuatmu merasa tidak cukup baik dan itu membuatmu merasa kamu harus hidup tidak sehat untuk bisa berhasil," katanya dalam video yang sudah ditonton 12 juta kali dan menerima lebih dari 41 ribu komentar.

Anna yang juga bekerja di brand perhiasaan mengaku jika kebanyakan model bertubuh kurus bukan dengan cara yang natural. Dulu Anna sendiri sering melakukan cara-cara kurang sehat yang membuatnya tidak menstruasi. Ia bahkan menunjukkan bentuk perutnya untuk memperlihatkan bagaimana itu disebut kurang kurus.

"Perutku, apa yang salah dengan ini? Mereka bilang 'Kamu kurang kurus. Kami ingin melihat tulangmu.' Pemotretannya masih awal Desember. Kamu masih bisa turun berat badan," ujar direktur casting yang membuatnya kesal.

(ami/ami)