3 Imbas Skandal Aborsi Kim Seon Ho, Ini Kerugian yang Harus Ditanggungnya

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 22 Okt 2021 12:00 WIB
Hometown Cha Cha Cha Kim Seon Ho. Foto: dok tvN
Jakarta -

Kim Seon Ho tengah menjadi pusat perhatian karena kontroversinya dengan sang mantan pacar. Bintang Hometown Cha Cha Cha itu mengaku sebagai sosok aktor K, aktor yang dilaporkan meminta mantan pacarnya melakukan aborsi. Sedang berada di puncak karier, apa saja kerugian yang dialami Kim Seon Ho?

Sanksi sosial berlaku dengan tegas setelah Kim Seon Ho merilis permintaan maaf dan mengakui kesalahannya. Aktor berumur 35 tahun itu mulai kehilangan sejumlah kontrak kerja sama dan diharuskan membayar penalti. Pemeran Hong Du Sik itu pun mulai diasingkan dari industri hiburan Korea.

Berikut 3 imbas kontroversi Kim Seon Ho dan kerugian yang harus ditanggungnya:

1. Kim Seon Ho Menanggung Sanksi Sosial dari Netizen Korea

Kim Seon Ho merilis permintaan maaf dan mengakui kesalahannya pada Rabu (20/10/2021). Di hari yang sama, muncul postingan berjudul 'Kim Seon Ho dijejalkan di tengah-tengah Seoul secara real time' di forum online.

Sanksi Sosial Netizen Korea, Berita Kim Seon Ho Dipampang di ReklameSanksi Sosial Netizen Korea, Berita Kim Seon Ho Dipampang di Reklame Foto: dok. theqoo

Dalam postingannya, pengunggah membagikan foto papan reklame di dekat COEX, Samseong-dong, Seoul yang memuat artikel kontroversi aborsi dan gaslighting Kim Seon Ho. Mirisnya, dua minggu lalu, papan reklame tersebut memuat iklan kerja sama Kim Seon Ho dan Amazon.

2. Kim Seon Ho Harus Bayar Tuntutan Ganti Rugi Iklan

Sejumlah brand yang bekerja sama dengan Kim Seon Ho bergantian menghapus iklannya. Dimulai dari Domino's Pizza, yang menghapus iklan endorser-nya sehari setelah unggahan mantan pacar Kim Seon Ho merebak pada Senin (18/10/2021).

Buntut Isu Aborsi, Domino's Pizza Hapus Iklan Kim Seon HoBuntut Isu Aborsi, Domino's Pizza Hapus Iklan Kim Seon Ho Foto: Allkpop/Domino's Pizza/Twitter

Platform e-commerce 11Street, brand fashion nau, brand skin care La Roche-Posay, dan brand lainnya mulai menghapus iklan Kim Seon Ho pada Rabu (20/10/2021).

Netizen Korea pun membicarakan penalti yang harus dibayar Kim Seon Ho di forum online dan meruntun deretan brand yang bekerja sama dengannya:

- Busana pria: Shinsung Tongsang, Edition Sensibility, Wide Angle, Nau, BYN
- E-commerce: 11st, Amazon
- Kosmetik: L'Oreal, La Roche-Posay, Everwhite
- Masker: Miima, Aseado
- Peminjaman: Shin Han Card, Shin Han MyCar
- Kamera: Canon Korea
- Makanan: Domino's Pizza, Food Bucket

Seperti dilansir dari Sedaily, Lee Jin Ho mengklaim biaya model iklan Kim Seon Ho telah meningkat dari sekitar 500 juta won per tahun menjadi sekitar 700 juta won. Hal itu diungkap mantan jurnalis itu lewat siaran di kanal YouTube pada Selasa (19/10/2021).

Bila pertanyaan Lee Jin Ho benar, Kim Seon Ho harus membayar penalti setidaknya 5 miliar won atau sekitar Rp 60 miliar.

3. Kim Seon Ho Di-blacklist dari Industri Hiburan Korea

Pada Rabu (20/10/2021), Kim Seon Ho dikabarkan mundur dari posisinya sebagai member acara televisi '2 Days & 1 Night'. Tim produksi acara merilis pernyataan resmi dan memastikan sang aktor akan banyak diedit dari rekaman untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan penonton.

Member 2 Days 1 NightKim Seon Ho dan member acara '2 Days 1 Night' Foto: dok. KBS2

"Kami telah memutuskan kontrak Kim Seon Ho, yang baru-baru ini terlibat dalam kontroversi. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mengeditnya dari rekaman yang sudah direkam untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan penonton," ungkap tim produksi 2 Days & 1 Night, seperti dilansir dari Soompi.

Di hari yang sama, Kim Seon Ho dikabarkan batal membintangi tiga film terbarunya. Aktor yang tengah naik daun itu gagal memulai debut di layar lebar lewat film Sad Tropical yang dijadwalkan memulai syuting pada pertengahan November. Dilansir dari KStar News, tim produksi Sad Tropical berencana mengajukan tuntutan ganti rugi.

Kim Seon Ho juga batal membintangi film Dog Days yang digarap sutradara Kim Deok Min, dan film 2 O'Clock Date yang dibintangi bersama Yoona Girls' Generation.



Simak Video "Dispatch Kembali Rilis Percakapan Kim Seon Ho dengan Sang Mantan"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)