Kisah Perjuangan Pria Gagal Masuk TNI, Pantang Menyerah Mulai dari Nol Lagi

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 20 Okt 2021 07:00 WIB
Andreas Suwandi Foto: Instagram
Jakarta -

Masuk akademi militer memang tidak mudah. Beberapa orang harus latihan keras dan mencoba berkali-kali sebelum akhirnya diterima dan sukses jadi TNI. Kisah serupa dituturkan oleh pria bernama Andreas Suwandi. Dalam unggahan yang viral di media sosial, Andreas mengungkap perjuangannya yang pantang menyerah.

Andreas baru-baru ini mendokumentasikan perjalanannya saat berusaha masuk akmil dalam sebuah video. Postingan tersebut jadi viral setelah diunggah @info.catar. Pemilik akun Instagram @⁣aandreassiahaan itu pun bercerita bahwa ia bertekad untuk berjuang dari nol saat teman-temannya sudah berseragam.

Pria tersebut mengaku jika sejak awal perjalanan akademisnya bisa dibilang tidak mudah. Ia harus melewati masa SMA terpadu yang cukup berat meski masa tersebut diakui berhasil membantunya menjadi pribadi yang lebih baik. Setelah susah payah melewati SMA, ia mulai bersiap untuk perjuangan yang sebenarnya.

"Ini masa yang paling berat menurut gue karena gue dihadepin sama dua pilihan yang berat dan akhirnya gue milih akmil buat memulai perjalanan hidup. Gue berjuang di akmil bareng teman-teman gue," tulisnya dalam video.

[Gambas:Instagram]



Bersama teman-temannya, Andreas mempersiapkan diri bersama-sama. Mereka belajar dengan giat meski harus dilakukan di tempat les yang jauh.

Pria tersebut kemudian melewati tes selama tiga minggu dan tinggal melewati satu tahap lagi untuk bisa masuk akmil. Sayangnya Tuhan punya rencana lain. "Tapi Tuhan berkehendak lagi gue pulang tanpa hasil tapi teman-teman gue ini udah berseragam. Nggak sia-sia perjuangan kita bro tunggu gue semoga tahun ini gue nyusul kalian ye,"

Meski belum lulus bersama mereka, Andreas ikut senang dengan keberhasilan teman-temannya. Hal tersebut tampaknya juga dijadikan motivasi untuk tidak menyerah. Latihan dari awal, Andreas tidak kehilangan semangat agar tahun depan bisa menyusul para sahabat dan tidak mengulangi kegagalan.

Terakhir ia memberikan semangat kepada sesama yang sedang berjuang. "Udah cukup tahun kemaren gue gagal, nggak mau lagi keulang buat yang kedua kali. Semoga tahun ini jadi tahun yang baik buat gue dan buat lo semua yang lagi berjuang," tulisnya.

(ami/ami)